Makam Muallim Abdussyukur Akan Dipindah, Pihak Keluarga Enggan Berikan Komentar

0

MUALLIM Abdussyukur bin Jamaluddin adalah tokoh ulama dari Teluk Tiram, Banjarmasin, yang setiap tahun haulnya selalu diperingati setiap bulan Rajab. Namun, ada kabar bahwa makamnya akan dipindahkan.

KABAR itu pun menjadi tanda tanya besar di kalangan beberapa tokoh masyarakat dan para ulama. Tak sedikit ada terjadi pertentangan pendapat.

Seperti yang diungkapkan Habib Faturahman Bahasyim, yang merespon keras atas kabar tersebut. Beliau tidak setuju atas rencana pemindahan makam ulama kharismatik Kota Banjarmasin. 

“Kembali saya menegaskan, secara pribadi sangat tidak setuju dan mentang keras atas rencana pemindahan makam beliau. Sebab makam beliau saat ini berada di area Masjid Jami dan sudah berumur lebih 30 tahun lamanya,” ujar Habib Fatur, Senin (1/5/2023).

BACA: Sebagai Ulama Pemegang Kunci Futuh, Haul Akbar Muallim Syukur di Teluk Tiram Dipenuhi Ribuan Jamaah

Ditambahkannya, bahwa di sampingnya ada makam-makam lain yang juga tokoh di lingkungan Teluk Tiram.

Habib Fatur mengatakan, bahwa dirinya tidak tahu jika ada anak Muallim Abdussyukur lainnya selain Guru Gafar. Sebab selama ini secara konsisten perawatan makam hanya dilakukan Guru Gafar semasa hidupnya.

“Secara tiba-tiba setelah Guru Gafar meninggal dunia kok ada ahli warisnya yang lain menginginkan makam beliau dipindah? Padahal tidak tahu menahu dulunya terhadap perawatan dan pemeliharaan makam,” bebernya.

Dirinya menduga ada oknum yang menunggangi atau memprovokasi agar ahli waris mau menyetujui pemindahan makam. “Saya khawatir justru rencana pemindahan makam itu ada yang menunggangi dengan kepentingan tertentu,” duganya. 

Buyut Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih ini, mengkhawatirkan akan terjadi bala jika pemindahan makam tetap dilakukan. “Mudahan-mudahan Allah tidak menurunkan bala kepada kita atas rencana pemindahan makam ini, karena kita tidak tahu apakah beliau ridho atau tidak?” tuturnya lagi.

BACA JUGA: Teluk Tiram Memutih, Ribuan Pelayat Antarkan Jenazah Guru Gaffar ke Pemakaman

Senada dengan pernyataan Habib Faturrahman, Ketua Pengurus Masjid Jami Khairuddin atau disapa Guru Udin sangat berharap agar rencana pemindahan makam Muallim Abdussyukur dibatalkan.

“Kami hanya pasrah berdoa kepada Allah, mudah-mudahan rencana pemindahan makam ini gagal,” doanya didampingi jemaah Masjid Jami lainya.

Bahkan dirinya juga mengatakan, Guru Gafar semasa hidup dan menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid sejak tahun 2000 hingga wafatnya tidak pernah berniat atau berhajat ingin memindah makam ayahnya itu.

Guru Khairuddin menjelaskan, bahwa (Guru Gafar) tidak pernah ada niat untuk memindahkan makam orang tuanya. Hanya saja dalam satu tahun terakhir baru ada rencana pemindahan makam secara mendadak tanpa adanya koordinasi dan konsultasi kepada pihak-pihak berkepentingan. Terutama dalam perawatan dan pemeliharaan makam tersebut.

Menanggapi kabar bahwa kalau makam dikunci dan penziarah tidak bisa masuk. Dijelaskan, bahwa kebijakan itu diberlakukan oleh Guru Gafar ketika terjadi wabah covid-19 melanda.

“Memang kalau malam dibatasi sampai jam 10 saja. Sebab selain masa covid waktu itu, juga demi keamanan masjid dan makam dan itu kebijakan Guru Gafar,” terang Guru Khairuddin.

BACA LAGI: Tabligh Akbar di Masjid Fathul Janah Teluk Tiram

Jika rencana pemindahan makam ini diteruskan, maka Guru Udin mengkhawatirkan dua hal. “Pertama akan terjadi pro kontra. Sebab beliau juga milik masyarakat luas terutama pencinta dan tokoh-tokoh ulama terkenal,” ujarnya. 

“Kekhawatiran kedua, apakah pemilik makam ridho atas pemindahan makam itu?” tuturnya. 

Sementara itu, pihak keluarga tak ingin berkomentar, pada saat dikonfirmasi oleh jejakrekam.com. Menurut salah seorang perwakilan keluarga, mereka tidak ingin memberikan penjelasan atau tanggapan.

“Kami tak ingin berkomentar, tunggu aja nanti ada saatnya kami panggil pers,” ucapnya singkat.(jejakrekam)

Ralat: Makam KH Abdul Gaffar Syukur atau Guru Gaffar yang disebut dimakamkan di samping makam Muallim Abdussyukur, yang dimaksud adalah makam para tokoh masyarakat di kawasan Teluk Tiram.

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/05/01/makam-muallim-abdussyukur-akan-dipindah-pihak-keluarga-enggan-berikan-komentar/
Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.