Terjadi Lonjakan Penumpang, Pemudik Lebaran Mulai Padati Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

0

PARA pemudik yang ingin pulang kampung ke Pulau Jawa mulai memadati Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sejak H-4 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

HAL ini terlihat saat Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Forkopimda melakukan pemantauan di kawasan Pelabuhan Trisakti, Jalan Barito Hilir, Telaga Biru, Banjarmasin, Selasa (18/4/2023).

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh penumpang yang akan melakukan mudik ini terangkut dengan baik,” ucap Ibnu Sina.

Saat melakukan pemantauan mudik lebaran tahun ini, mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini tak memungkiri ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan. Di antaranya kapasitas kapal untuk truk masih terbilang kurang.

BACA : Siap Amankan Mudik Lebaran, Ratusan Personel Siap Diturunkan Menjelang Hari Raya Lebaran

“Namun untuk para penumpang kapal, insya Allah cukup. Puncaknya diprediksi pada tanggal 19-20 April 2023, kami yakin bisa tersangkut seluruhnya,” kata Ibnu Sina.

Hal ini juga berdasar jaminan dari pihak PT Pelindo III Banjarmasin selaku pengelola Pelabuhan Trisakti. Bahkan, dari data Pelindo III Banjarmasin mencatat ada 15 ribu penumpang yang mudik lewat jalur laut.

“Dalam satu pekan ini, mudah-mudahan bisa terangkut semua. Hanya kendalanya angkutan truk dan ekspedisi yang ada pembatasan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Pastikan Kesiapan Kapal untuk Mudik, KSOP Banjarmasin Gelar Apel Pembukaan Posko Angkutan Laut

Dia berharap arus mudik maupun arus balik di Kota Banjarmasin bisa berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar. “Baik dari dan menuju Trisakti ini berjalan lancar. Dan kawan-kawan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang,” imbuh Ibnu Sina. 

Berdasar pantauan hingga Selasa (18/4/2023), tercatat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin telah ada 9.705 orang yang berangkat menuju luar Banjarmasin. Diperkirakan akan terus terjadi lonjakan hingga di angka 45 persen.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.