Safari Zuhur dan Bantu Masjid Selama Bulan Ramadhan, Pemkot Banjarmasin Siapkan Dana Miliaran Rupiah

0

SELAMA bulan puasa tahun 2023, Pemkot Banjarmasin dalam kegiatan safari zuhur rutin menyalurkan bantuan ke beberapa masjid yang ada di Kota Banjarmasin.

BANTUAN bagi masjid itu dibarengi dengan kegiatan safari zuhur yang diikuti Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan jajarannya selama bulan Ramadhan 2023.

“Bantuan untuk tiap masjid tentu berbeda jumlahnya. Saat ini, baru ada 9 masjid yang telah mendapat bantuan dari pemerintah kota,” ucap Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Setdakot Banjarmasin, Khairil Hidayat kepada awak media, Minggu (2/4/2023).

Dia menjelaskan sumber dana bantuan itu berasal dari APBD Banjarmasin 2023 dengan kisaran mencapai Rp 1 miliar. Untuk penerima manfaat terbesar adalah Masjid Al Hikmah Yayasan Ukhuwah diberi dana Rp 1 miliar.

BACA : PNS Dilarang Buka Puasa Bersama, Pemkot Banjarmasin Beralih Rencanakan Safari Zuhur

“Sedangkan, masjid yang dibantu dengan dana terendah yakni Masjid Darul Hikmah dan Masjid Muhajirin masing-masing dibantu Rp 75 juta,” beber Khairil Hidayat.

Menurut dia, penyaluran bantuan bersumber dari APBD itu merupakan tindaklanjut dari permintaan perbaikan masjid dan lainnya yang diajukan ke Pemkot Banarmasin.

“Ada beberapa yayasan masjid yang mengajukan proposal bantuan. Jadi, sifatnya bantuan itu untuk bisa menyelesaikan proyek pembangunan masjid yang belum selesai. Itu rata-rata alasan dalam pengajuan proposal ke pemerintah kota,” kata Khairil Hidayat.

BACA JUGA : Selama Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia Minta Speaker Masjid dan Langgar Dibatasi Volume Suaranya

Sementara itu, Walikota Ibnu Sina menjelaskan selama safari zuhur di bulan puasa, pemberian bantuan tidak hanya bersumber pada APBD Banjarmasin.

“Ada pula, beberapa bantuan yang bersumber dari dana corporate social responsibility (CSR) dibagikan kepada masjid-masjid yang ada di Banjarmasin. Jadi, bantuan itu jumlah dan keperluannya variatif,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Volume Sampah Meningkat di Bulan Puasa, DLH Banjarmasin Kasih Uang Lembur Petugas Kebersihan

Ibnu Sina menjelaskan bantuan berupa dana itu bisa dipergunakan yayasan atau badan pengelola/pengurus untuk perawatan masjid serta kesejahteraan bagi pengelola seperti kaum (merbot) dan lainnya.

Seperti bantuan sebesar Rp 10 juta berasal dari dana CSR dari PT Air Minum Bandarmasih yang disalurkan oleh Walikota Ibnu Sina kepada Badan Pengurus Masjid Jami Sungai Jingah.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.