PNS Dilarang Buka Puasa Bersama, Pemkot Banjarmasin Beralih Rencanakan Safari Zuhur

0

BULAN Ramadhan 1444 Hijriah, Presiden Joko Widodo keluarkan arahan untuk melarang seluruh unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) adakan acara buka bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin rubah rencana Safari Ramadhan menjadi Safari Zuhur.

BERDASARKAN Surat Edaran (SE) Nomor: 100.4.4/1768/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merupakan tindak lanjut dari SE Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 perihal arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama. Dikeluarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung tertanggal 21 Maret 2023 sebelumnya.

BACA: Paguyuban Pasar Wadai Ramadhan Binaan Pemkot Banjarmasin Pecah Kongsi

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina pun angkat bicara terkait arahan terkait larangan buka bersama di lingkungan ASN, ia mengatakan akan melaksanakan instruksi dari pusat tersebut.

Karena sebelumnya, Pemkot Bajarmasin sendiri telah merencanakan untuk mengadakan Safari Ramadhan yang akan dilakukan di beberapa masjid di Kota Banjarmasin. Namun menyikapi arahan presiden tersebut, H Ibnu Sina mengatakan akan ada perubahan.

“Rencananya kemarin ada 8 titik di semua kecamatan yang akan kita jadikan tempat untuk Safari Ramadhan. Kami sepakat akan dirubah bukan Safari Ramadhan yang dilanjutkan buka bersama, namun nantinya menjadi Safari Zuhur,” ujarnya saat ditemui di Balaikota, Sabtu (25/3/2023).

BACA JUGA: Pemkot Banjarmasin Tetap Berlakukan Perda Ramadhan, Ini Aturan dalam SE Wakil Walikota!

Bisa dipastikan dalam Safari Ramadhan tahun ini tidak ada acara buka bersama. H Ibnu Sina memastikan akan menggantinya dengan kunjungan dari jajaran Pemerintah Kota untuk shalat zuhur ke beberapa mesjid yang telah ditentukan.

“Insyaallah ini akan dimulai Senin ini, dan nantinya beberapa masjid yang dikunjungi ini akan mendapatkan bantuan dari dana hibah Pemerintah Kota,” jelasnya.

“Serta juga akan ada beberapa bantuan lainnya dari dana CSR, serta untuk bersilaturahmi bersama dengan pengurus masjid,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.