Akibat Cuaca Buruk di Banjarmasin, BPBD Catat Ada 38 Rumah Rusak dan Roboh Diterjang Angin

0

CUACA ekstrem yang melanda Banjarmasin dan sekitarnya pada akhir Maret dan memasuki awal April 2023 ini dilaporkan telah menyebabkan puluhan rumah rusak hingga roboh dan pohon telah ambruk.

BERDASAR data dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin per 1 April 2023, sudah ada 38 rumah rusak hingga ambruk akibat disapu angin kencang, puting beliung dan cuaca buruk belakangan ini. Kemudian, tercatat ada 4 pohon telah roboh.

“Untuk itu, kami peringatan sejak dini atas perubahan cuaca yang kian memburuk di Banjarmasin saat memasuki bulan puasa ini,” ucap Koordinator Lapangan BPBD Kota Banjarmasin, Andi Putera kepada jejakrekam.com, Minggu (2/4/2023).

Menurut Andi Putera, hingga data per 1 April 2023, terdapat 38  rumah di Kelurahan Surgi Mufti dan Sungai Jingah serta Kelurahan Pasar Lama yang rusak hingga roboh akibat diterjang angin kencang. “Untuk penyebabnya ini adalah faktor cuaca, angin kencang dan hujan yang lebat,” kata Andi Putera.

BACA : 2022: Kesadaran Lingkungan Membaik di Tengah Iklim Semakin Memburuk

Menurut dia, berdasar data, dari puluhan rumah yang rusak dan ambruk itu terdapat 40 kepala keluarga dan 127 Jiwa yang terdampak.

“Insya Allah, besok (Senin, 3/4/2023) akan diserahkan bantuan bagi warga terdampak cuaca buruk oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin,” ucap Andi Putera.

Dengan adanya perubahan cuaca yang tak bersahabat ini, Andi Putera mengimbau agar warga lebih berhati-hati dalam beraktivitas dalam kesehariannya. Terutama, pada malam hari pada bulan Ramadhan tahun ini.

BACA JUGA : Berbiaya Rp 6,9 Miliar, Gedung Baru BPBD Banjarmasin Ditargetkan Jadi Pusdalops Bencana Kota

“Apalagi ketika terjadi perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas menjadi mendung, karena lebih besar potensi untuk terjadinya puting beliung ataupun angin kencang, lebih baik waspada dan menghindar,” kata Andi Putera.

Menurut dia, jika terjadi angin kencang (puting beliung) maupun saat hujan lebat, agar masyarakat tidak berteduh di bawah pohon atau berdekatan dengan tiang listrik dan baliho. “Sebab, potensi pohon, tiang listrik maupun baliho roboh sangat tinggi saat cuaca buruk,” imbuh Andi Putera.

BACA JUGA : Jadi Acuan Masterplan Atasi Banjir, BPBD Banjarmasin Bikin Riset Dasar Kebencanaan

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilis prakiraan cuaca untuk Kalimantan Selatan pada laman bmkg.go.id, telah mengeluarkan peringatan dini.

Pada Senin (3/4/2023), BMKG mengingatkan untuk waspada atas potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu. Sedangkan, pada malam/dini hari untuk wilayah Kabupaten Tapin, Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong.

BACA JUGA : Kemunculan Buaya Bikin Heboh Warga Basirih, BPBD Banjarmasin Minta Tetap Waspada

Kewaspadaan juga berlanjut pada Selasa (4/4/2023) dengan potensi yang sama pada malam/dini hari pada wilayah Kabupaten Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan dan Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.