Muara Teweh Direndam Banjir, Pedagang Pasar Ramadhan Pindah Dari WFC

0

INTENSITAS hujan yang cukup tinggi membuat Sungai Barito meluap. Akibatnya air naik, dan sejumlah permukiman warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, direndam banjir selama dua hari.

INFORMASI yang berhasil dihimpun di lapangan, untuk wilayah Kabupaten Barito Utara, beberapa Kecamatan berada di bantaran Sungai Barito, dan telah direndam banjir hingga mencapai lutut orang dewasa.

Seperti halnya Kecamatan Lahei Barat, Lahei, Teweh Baru, Teweh Tengah, dan Teweh Selatan. Mengakibatkan ribuan rumah direndam banjir.

BACA: Setahun Sudah Tiga Kali Banjir Landa Muara Teweh, Belasan Desa di Barito Utara Terendam

Candra warga Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kamis (30/3/2023) mengatakan, sudah dua hari ini wilayahnya direndam banjir. Bahkan hingga hari ini keadaan air begitu cepat naik.

Apalagi kata dia, hujan tadi malam cukup lebat sehingga air nampaknya begitu cepat meninggi hingga di atas satu meter.

Menurut Candra, selain intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Barito Utara, juga banjir kiriman dari Kabupaten Murung Raya, sehingga air begitu cepat naik.

“Dari tadi malam hingga saat ini keadaan air tambah naik, dan belum ada tanda menurun,” kata Candra.

BACA JUGA: Prediksi Hujan Lebat Masih Mengancam, Wabup Barito Utara Minta Warga Waspada

Dari pantauan di Kamis petang, di kota Muara Teweh sejumlah ruas jalan protokol, seperti jalan Dahlia, Cempaka Putih, Imam Bonjol nampak digenang banjir. Bahkan kedalamannya bervariasi, ada yang mencapai pinggang orang dewasa.

Pusat bisnis Kota Muara Teweh, seperti Jalan Panglima Batur ketinggian air hingga lutut orang dewasa. Selain itu, pusat kuliner atau Pasar Ramadhan di jalan Panglima Batur depan Water Front City (WFC) juga tak luput dari banjir.

Diketahui, dua hari kemarin para pedagang sudah pindah ke tempat yang tinggi, yakni di jalan Temenggung Surapati, depan Kantor Disdukcapil Muara Teweh.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.