Jadi Menu Berbuka Pilihan, Es Kelapa Miliki Daya Tarik Usaha Saat Ramadhan

0

ES kelapa menjadi salah satu dari sekian banyak minuman segar yang dapat kita pilih sebagai menu berbuka puasa.

KENAPA tidak? Air kelapa yang menyegarkan ditambah dengan daging khasnya, menjadikan sajian minuman ini hampir selalu ada dalam setiap pilihan.

Terlebih dengan harganya yang cukup terjangkau, yakni untuk satuan plastik saja hanya berkisar Rp 7 ribu sampai dengan Rp 10 ribu. Sedangkan untuk satu buah kelapa muda bisa dibeli dengan harga 12 ribu hingga 15 ribu.

BACA: Penjual Kelapa Muda, Tetap Bertahan Saat Kebun Kelapa Mulai Berkurang

Masyarakat dapat memilih varian rasa, mulai dari original khas kelapa, atau bisa ditambah dengan sirup merah maupun gula aren dan susu/kental manis. Maka dari itu, tidak heran di saat bulan Ramadhan tiba, pasti muncul semakin banyak penjual es kelapa karena memang banyak penikmatnya.

Salah satu penjual kelapa di Jalan Trikora, Guntung Manggis, Kota Banjarbaru Rizka Oktavia mengungkapkan, penjualannya selama di bulan Ramadhan mengalami peningkatan daripada biasanya. “Dalam seharinya, Alhamdulillah bisa menjual 270 biji kelapa muda,” ungkapnya kepada jejakrekam.com, Senin (27/3/2023).

Rizka mengatakan, biasanya memang kalau bulan Ramadan lebih banyak pembelinya, dibandingkan hari biasa yang mentok-mentok hanya 100 buah kelapa yang terjual. “Kalau hari biasa tergantung cuaca, kalau panas bisa 100 buah lebih,” tuturnya.

BACA JUGA: Mampu Cegah Efek Samping Vaksinasi Covid-19, Jualan Buah Kelapa Muda Laris Manis

Rizka bercerita, perihal ketersediaan buah kelapa miliknya, ia mengambil dari wilayah tetangga. “Sekali ambil satu pickup 500-600 buah kelapa. Biasanya mengambil ke Pelaihari dan yang paling jauh ke Jorong. Kalau di sini harga kelapa yang belum dikupas hanya merogoh Rp 10 ribu per buah,” jelas Rizka.

Sementara itu, salah seorang pembeli Ariana mengatakan, saat bulan Ramadhan memang sering kali membeli es kelapa sebagai menu berbuka puasa. “Saya lebih memilih membeli air kelapa muda daripada minuman lainnya, karena rasanya seger aja, kalau berbuka dengan minum air kelapa muda murni tanpa gula,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain menyegarkan air kelapa juga banyak khasiatnya untuk kesehatan. “Air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi, sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.