Keluar dari Zona Degradasi, Barito Putera Menang Telak 3-0 Atas PSIS Semarang

0

BERADA di zona degredasi, usai kalah di kandang menghadapi Persis Solo dengan skor 2-3, Barito Putera kembali menerapkan pola permainan agresif saat menjamu PSIS Semarang.

BERLAGA di hadapan para suporternya di Stadion Demang Lehman, Martapura dalam lanjutan BRI Liga 1 musim 2022-2023, Minggu (26/3/2023), Barito Putera berhasil menang telak atas tim rivalnya.

Barito Putera berhasil mencukur PSIS Semarang dengan skor meyakinkan 3-0. Gol-gol ini tercipta melalui kaki Eksel Runtukahu, Gustavo Tocantis dan Rizky Pora.

Sejak awal Barito Putera mendominasi pertandingan melalui umpan-umpan panjang sehingga merepotkan pertahanan PSIS Semarang. Gol pembuka lahir melalui kaki kanan Eksel Runtukahu pada menit ke-29. Bahkan, sebelum turun minum tim Laskar Antasari kembali menambah bisa gol melalui Gustavo Tocantis setelah menyambut umpan Ferdiansyah.

BACA : Raih 3 Poin dengan Skor 2-1, Barito Putera Bekuk Persebaya Surabaya di Stadion Demang Lehman

Memasuki babak kedua, tim asuhan Rahmad Darmawan ini terus mengendalikan permainan. Hingga pada menit ke-51, Rizky Pora meraih peluang emas. Sayang, tendangan keras spesialis kaki kiri ini Rizky Pora melebar di sisi kanan gawang PSIS Semarang yang dijaga oleh Aldhila Ray Redondo.

Gawang Barito Putera sempat terancam pada menit ke-61 melalui tendangan Roy Fuki dari luar kotak pinalti. Beruntung, bola belum menemui sasaran. Gol penutup lahir dari Rizky Pora dimenit ke 86 setelah melakukan aksi individu di depan gawang PSIS Semarang.

BACA JUGA : Terapkan Skema Menyerang; Barito Putera Bantai RANS Nusantara FC dengan Skor Telak 4-1

Usai pertandingan, pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan mengatakan, setelah 15 menit awal, para pemainnya baru bisa mengatasi permainan lawan.

“Ya, karena ada perubahan strategi yang diterapkan PSIS Semarang. Secara keseluruhan pemain bermain sangat baik. Saya berharap kondisi ini bisa terus dijaga sampai dengan tiga sisa pertandingan,” beber Rahmad Darmawan.

Mewakili para pemain, Rizky Pora mengucapkan rasa syukur atas raihan tiga poin dalam laga kali ini. Menurut Rizky, kemenangan yang diraih  merupakan hasil dari kerja keras selama persiapan sebelum pertandingan.

BACA JUGA : Come Back! Benahi Tim Laskar Antasari, Coach Rahmad Darmawan Ditarik Lagi Latih Barito Putera

“Musim ini, saya sudah mulai kembali fit, setelah dua tahun yang lalu banyak cidera. Sekarang saya tinggal menjaga kondisi fisik untuk menghadapi pertandingan ke depan,” kata sang penyerang haus gol ini.

Sementara itu, pelatih PSIS Semarang Gilbert Agius menyampaikan permohonan maaf atas hasil yang diraih timnya. Dia memasitkan akan terus mempersiapkan skuadnya demi menjalani laga-laga berikutnya dalam kasta tertinggi sepakbola nasional ini.

BACA JUGA : Akhir Tahun 2022, Renovasi Stadion 17 Mei Ditarget Rampung, Bisa Jadi Markas PS Barito Putera

“Inilah sepakbola, pemain sepakbola mana pun akan melakukan kesalahan. Untuk para pemain muda mungkin butuh pendampingan mental agar mereka bermain lebih baik ke depan,” tutur Gilbert Agius.

Pemain PSIS Semarang, Oktafianus Fernandus mengaku sebenarnya mengawali pertandingan versus Barito Putera di kandang lawan sudah dilakoni dengan baik.

“Tapi namanya sepakbola kita bisa melakukan kesalahan dan dihukum dengan gol. Semoga di laga selanjutnya, kesalahan itu tidak terulang lagi dan segera bangkit menghadapi pertandingan selanjutnya,” imbuh Oktafianus.

Dengan kemenangan ini, Barito Putera naik ke posisi ke-15 dengan mengumpulkan 34 poin. Tim kebanggaan Banua ini berhasil menggeser dua tim sekaligus, yakni Dewa United FC dan PSS Sleman.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.