Pemprov Kalsel Tayangkan Revisi Film Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Di Studio XXI Banjarmasin

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menayangkan lagi Film Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ‘Matahari Dari Bumi Banjar’ hasil pembaharuan atau revisi di Studio XXI Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

SEBELUM pemutaran film hasil perbaikan atas masukan dan saran yang disampaikan berbagai kalangan dan tokoh ini, sambutan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dibacakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Muhammadun.

Gubernur berharap, film ini mengingat kembali ketokohan ulama yang lahir pada tahun 1710 dan meninggal tahun 1812 tersebut di Kabupaten Banjar, sembari menjadikan apa yang diajarkannya, menjadi pedoman dalam tindakan sehari-hari.

BACA: Tayang Perdana, Film Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Memukau Penonton

Menurut dia, ulama yang lebih akrab disebutnya Datu Kalampaiyan itu ketokohannya tidak hanya mashur di Kalsel, namun hingga nasional bahkan mancanegara.

Muhammadun menambahkan, pemutaran film yang disaksikan para ASN lingkup Pemprov Kalsel ini nantinya bisa disaksikan masyarakat di tempat masing-masing.

“Kita akan membagikan flash disk yang filmnya bisa ditonton di mana saja, sekolahan, panti-panti, di kabupaten/kota. Silahkan nonton bareng,” ujar Madun, sapaan akrab Muhammadun.

BACA JUGA: 2 Film Tokoh Banua Menjadi Dokumentasi Sejarah Berharga Bagi Generasi Banua

Adapun alur cerita film ini dimulai dari kepulangan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dari Timur Tengah ke Nusantara. Sebelum sampai ke tanah Banjar, Beliau sempat singgah dulu bersama para sahabatnya di tanah Betawi atau Batavia yang kini dikenal dengan Jakarta.

Sejak tinggal di Batavia itu, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari sudah menunjukkan keilmuannya, salah satunya memperbaiki arah kiblat mesjid-mesjid di sana, karena dia ahli dalam ilmu falak atau astronomi.

Di tanah Banjar, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari pun banyak menyampaikan ilmu-ilmu agama Islam hingga fatwa tentang hukum syariat, dan ditaati masyarakat Banua.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/21/pemprov-kalsel-tayangkan-revisi-film-syekh-muhammad-arsyad-al-banjari-di-studio-xxi-banjarmasin/,https://jejakrekam com/tag/film-matahari-dari-bumi-banjar/
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.