Operasi Jaran Intan 2023; Sikat 126 Tersangka, 62 Motor dan 22 Mobil Berhasil Diamankan

0

POLDA Kalimantan Selatan helat konferensi pers hasil operasi Jaran Intan 2023 yang dihelat beberapa pekan di wilayah hukumnya di halaman Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Rabu (8/3/2023).

GIAT ini dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, dengan didampingi Wakapolda Brigjend Pol Rosyanto Yudha Hermawan, dan pejabat utama (PJU) Polda Kalsel, serta tamu undangan lainnya.

Kapolda Kalsel mengungkapkan, pengungkapan kali ini merupakan hasil operasi Jaran Intan digelar pada 24 Februari- 6 Maret 2023. Dalam operasi itu, jajaran Polda Kalsel berhasil mengungkap sebanyak 54 kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor.

“Modusnya yang paling banyak adalah dengan menggunakan kunci palsu atau kunci leter T,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (8/3/2023).

BACA : Operasi Jaran Intan Polres Tanbu Berhasil Bekuk 10 Pelaku Curanmor

Masih menurut Andi Rian, ada 28 kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan kendaraan roda empat. “Rata-rata korbannya adalah pemilik penyewaan atau rental mobil,” ujar jenderal bintang dua ini.

Terakhir, kata Kapolda Kalsel, adapula 12 kasus emalsuan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor. “Yang paling banyak ditemukan adalah pemalsuan STNK,” ucap perwira tinggi Polri ini.

BACA JUGA : Gelar Operasi 12 Hari, Polisi Ungkap Delapan Kasus Curanmor dan Penggelapan di Tabalong

Dari operasi tersebut, Andi Rian mengungkapkan pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 126 tersangka. “Untuk barang bukti yang diamankan sebanyak 64 unit kendaraan roda dua (sepeda motor), dan 22 unit kendaraan roda empat (mobil),” kata Andi Rian.

“Tentunya hal ini merupakan bukti keseriusan Polda Kalsel beserta jajaran, dalam menekan dan memberantas kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor,” beber mantan Direktur Tipidum Bareskrim Polri ini.

BACA JUGA : Sempat Buron, Pelaku Penggelapan Mobil Di Tabalong Berhasil Diringkus Di Jambi

Kapolda Kalsel mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, kepada semua jajaran atas keberhasilan operasi Jaran Intan 2023. Untuk barang bukti yang sudah diamankan, Kapolda Kalsel memastikan akan dikembalikan kepada para pemilik kendaraan bermotor tersebut.

“Hari ini sudah kita undang para pemiliknya dan langsung kita kembalikan kepada pemiliknya,” pungkas Andi Rian.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.