2.617 Pelajar Balangan Jadi Pemilih Pemula di Pemilu 2024, Disdukcapil Lakukan Perekaman e-KTP

0

MENGHADAPI pemilu 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan menargetkan 2617 pelajar usia 17 tahun untuk dilakukan perekaman KTP Elektronik.

TARGET ini mengingat para pelajar tersebut, sudah menjadi pemilih atau masuk dalam kategori pemilih pemula untuk Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Para pelajar yang menjadi target ini terbagi dalam tiga kategori, yakni pelajar yang terdaftar di Dapodik, pelajar Non Dapodik atau yang berada di lingkup pondok pesantren, dan kategori umum sebanyak orang.

BACA : Mudahkan Masyarakat, Disdukcapil Balangan Persiapkan Program Desa Digital

Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Balangan, Hifziani mengatakan, untuk mengejar target tersebut, saat ini pihaknya terus memaksimalkan pelayanan jemput bola ke sekolah-sekolah secara bergilir.

“Kami secara rutin turun ke sekolah-sekolah guna melakukan perekaman langsung bagi para pemilih pemula ini,’’ ujar Hifziani.

Dalam perekaman ini, kata Hifziani, bagi pelajar yang masih berumur 16 tahun tetap dilakukan perekaman data diri, namun penerbitan E-KTP nya dilakukan saat yang bersangkutan sudah berusia 17 tahun.

BACA JUGA : Disdukcapil Balangan Buka Layanan Kependudukan Gratis Di FFD

Namun bagi yang sudah berumur 17, lanjut dia, maka setelah perekaman dilakukan langsung diarahkan untuk aktivasi KTP Digital dan kemudian dilakukan pencetakan E-KTP.

Perekaman langsung ke sekolah-sekolah ini, menurut Hifziani, tak terlepas dari bentuk dukungan terhadap terlaksananya pemilu yang baik, salah satunya dengan menyelesaikan perekaman data pemilih pemula serta warga masyarakat yang belum merekam data E-KTP untuk Pemilu 2024.

“Ini pentingnya mengejar perekaman data penduduk yang harus kita fasilitasi utamanya pemilih pemula. Meski memiliki kendala operasional dan melakukan perekaman bagi masyarakat umum secara regular, target menyelesaikan perekeman bagi pemilih pemula ini menjadi prioritas kami saat ini,’’ katanya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.