Mudahkan Masyarakat, Disdukcapil Balangan Persiapkan Program Desa Digital

0

GUNA meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan tengah mempersiapkan program desa digital.

PROGRAM desa digital ini merupakan transformasi digital pada desa dengan tujuan membantu masyarakat desa bisa mendapat pelayanan dokumen kependudukan secara cepat dan mudah.

Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Balangan, Hifziani mengatakan program ini dimulai dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada operator dan pemerintah desa, agar nantinya pemerintahan desa bisa memberikan layanan-layanan secara online.

Seperti halnya tata pemerintahan ataupun sistem informasi yang kini perlu ditingkatkan dengan mulai memanfaatkan TIK, sehingga dapat dilakukan dan dimonitor secara online.

Dengan program desa digital ini, menurut Hifziani, pelayanan jadi lebih mudah, warga masyarakat yang ingin mengurus atau mencetak dokumen kependudukan tidak perlu lagi ke kantor Disdukcapil di kabupaten, tapi bisa langsung datang ke desa masing-masing.

“Sekarang sudah era digital sehingga masyarakat bisa akses layanan kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi dan dokumennya bisa dicetak mandiri,” jelasnya, Senin (6/3/2023).

“Ini layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya layanan ini nantinya dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik,” ujarnya.

Terlepas dari itu, menurut Hifziani, dengan adanya program ini, Desa Gigital diharapkan dapat membantu mewujudkan smart city.

“Dalam hal ini, dimulai dari skala desa, yang kemudian dapat perkembang terus dan dapat saling sharing dan membantu dalam mewujudkan pemerintahan desa dengan pelayanan terbaik dan terpadu terhadap masyarakat, dan juga tata kelola pemerintah yang lebih informatif, dan transparan,” katanya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.