Berbiaya Rp 1,5 Miliar, Banjarmasin Sasirangan Festival Ditarget Masuk Even Berskala Nasional

0

MASUK dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif (Kemenparekraf) RI, Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) diharapkan jadi even berskala nasional.

KALI ini, BSF ke-7 dihelat Pemkot Banjarmasin tahun 2023 ini mengusung tema “Warna Warni Wastra Nusantara” dipusatkan di kawasan Menara Pandang, Jalan Piere Tandean, pada 10-12 Maret 2023. Konsep BSF kembali mengusung panggung di atas Sungai Martapura dengan menyuguhkan pertunjukan artis nasional.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah sekaligus Ketua Panitia BSF ke-7 berharap agar BSF bisa masuk kalender even nasional. “Semoga bisa naik level untuk BSF, karena sekarang sudah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara,” ucap Siti Wasilah di Rumah Anno 1925, Banjarmasin, Senin (7/3/2023).

BACA : 5 Hari Digeber di Banjarmasin, Perputaran Uang Transaksi BSF 2022 Capai Rp 831 Juta

Guna menunjang BSF masuk kalender even nasional, Pemkot Banjarmasin mengupayakan berbagai cara di antara salah satunya dengan membuat Showcast Wastra Nusantara.

“Jadi, nanti itu adalah melengkapi kesiapan BSF untuk hadir di antara event-even nasional dengan memberikan ruang bagi wastra, selain sasirangan dalam acara. Yakni, seperti batik, songket, maupun tenun,” beber Wasilah.

Acara BSF kali ini, Wasilah mengungkapkan juga mengundang dan menyiapkan stand gratis bagi 66 kelompok pengrajin sasirangan, 66 stand untuk UMKM sasirangan lokal. Lalu, ada 28 stand untuk pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Hingga, 13 stand UMKM Food and Beverage binaan Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Mama Bungas Rebut Juara I Karnaval BSF 2022, Atraksi Defile Peserta Pukau Para Penonton

“Untuk anggaran BSF sekitar Rp 1,5 miliar. Tentu, harapannya perputaran uang tahun ini bisa lebih besar dibanding BSF tahun sebelumnya yang mencapai Rp 831 juta,” bebernya.

Istri Walikota Banjarmasin ini menargetkan pengunjung BSF 2023 bisa mencapai 75 ribu orang. Total transaksi bisa meningkat di atas Rp 1 miliar. “BSF juga untuk menstimulus masyarakat dalam membeli dan berbelanja selama even. Ini agar dapat mencapai target perputaran uang. Makanya, ada

BACA JUGA : Luncurkan Baiman Store, BSF Ditarget Upaya Awal Pemulihan Ekonomi Banjarmasin

tiket doorprize dibagikan bagi yang belanja dengan minimal transaksi Rp 200 ribu dengan QRIS atau Rp 250 ribu secara tunai untuk membeli produk UMKM. Mereka berkesempatan memilih dapt tiket doorprize atau tiket duduk di tribun depan panggung guna melihat penampilan lebih dekat,” tutur Wasilah.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.