Cetak Generasi Qurani, 5.390 Siswa SD/MI Ikuti Khataman Massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

0

KHATAMAN massal siswa kelas 6 SD/MI se- Kota Banjarmasin dihelat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Senin (6/3/2023).

ADA 5.390 siswa mengikuti acara rutin menyambut datangnya bulan Ramadhan difasilitasi Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Banjarmasin bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin.

Ketua Panitia Khataman Massal, Muhammad Nur Khoir menyebut 5.390 siswa/siswi SD/MI itu berasal dari 239 sekolah yang ada di Banjarmasin. “Ini agenda rutin tahunan untuk memberantas buta huruf aksara Alquran,” ujar Nur Khoir kepada awak media, Senin (6/3/2023).

BACA : Banyak Rebut Titel Juara di FASI XI Palembang, Ketum BKPRMI Banjarmasin : Demi Generasi Qurani

Dia berharap lewat acara itu, para siswa bisa lebih semangat dalam belajar serta membaca Alquran. Ini mengingat sebentar lagi akan segera memasuki bulan suci Ramadhan.

“Saat ini, angka buta huruf aksara Alquran pada anak-anak di Kota Banjarmasin bisa terbilang sedikit. Semoga, anak-anak kita yang sedari kecil sudah lancar membaca Alquran. Mereka bisa terus berkembang dan menjadi seorang tahfiz quran baik tilawah (qori) dan sebagainya,” ucap Khoir.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengapresiasi tradisi baik yang telah lama dijalankan itu. Terkhusus, bagi siswa yang memasuki akhir masa pembelajaran di SD.

BACA JUGA : Berjuluk Ustadz Sejuta Umat, Tabligh Akbar UAS di Masjid Ar Raudhah Sungai Andai Dibanjiri Jamaah

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut. Jangan berhenti setelah khatam. Gunakan kesempatan ini untuk membaca Alquran dengan sebaik-baiknya. Saat ini, sudah memasuki bulan Syaban, sebentar lagi masuk bulan puasa,” kata Ibnu Sina, usai membuka khataman massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Dia mengucapkan terima kasih kepada sekolah dan para guru mendukung para murid untuk mengikuti tradisi baik tersebut.

“Kami ingin sekolah yang barasih wan nyaman (baiman). Kalau banyak siswa khatam Quran, tentu Banjarmasin tidak kekurangan potensi anak yang akan menjadi hafiz dan qori. Jadi, Banjarmasin bisa jadi lumbung penghasil hafiz dan qori Alquran,” beber Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini.

BACA JUGA : HKSN Penuh Lautan Manusia, UAS Kagum Banjarmasin Jadi Kota Penghapal Quran

Ibnu Sina menekankan agar pihak sekolah bisa memprogramkan ekstrakulikuler membaca Alquran. Bahkan, program menghapal Alquran bagi peserta didik.

“Setiap tahun, pemerintah kota telah mengalokasikan anggaraan untuk mencetak genersi qurani Rabbani. Ini agar masa depan anak-anak di Banjarmasin lebih terjamin,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.