Pemkab Barito Utara Segera Tindaklanjuti Banyak Usulan dari Warga Kecamatan Montallat

0

BANYAK usulan prioritas disampaikan masyarakat Kecamatan Montallat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 ke Pemkab Barito Utara.

USULAN itu terekam dalam Musrebang Kecamatan Montallat, usai dibuka Asisten Administrasi Umum Setdakab Barito Utara, H Yasser Arafat di Aula Kecamatan Montallat, Selasa (21/2/2023).

Camat Montallat, M Nurgabrianudin mengungkapkan usulan dari masyarakat berupa pembangunan sarana dan prasarana umum serta infrastruktur.

Di antaranya, pengerasan Jalan Tumpung Laung II-Sikan, pembukaan badan jalan kelurahan, pembangunan pagar kantor, rehab total jembatan antar desa, pembuatan gorong-gorong drainase dan sarana air bersih.

BACA : Bupati Barito Utara Tekankan Pentingnya Musrenbang Tentukan Arah Pembangunan Dan Perekonomian Daerah

“Untuk bidang pendidikan diusulkan pengadaan alat permainan edukatif luar ruangan dan dalam ruangan taman kanak-kanak, pemasangan paving, turap semenisasi halaman SDN dan pembangunan perumahan guru,” kata Camat Montallat.

Masih menurut dia, bidang kesehatan disarankan agar bisa dibangun poskesdes terapung Kelurahan Montallat dan rehab total Polindes Kelurahan Montallat II. Sedangkan, bidang pertanian, berupa usulan program cetak sawah di Desa Rubei. 

“Untuk bidang komunikasi dikeluhkan soal sulitnya sinyal internet di Desa Rubei dan Desa Pepas. Sementara, bidang sosial fokus kepada usulan pengadaan dan pemasangan jaringan listrik di Desa Sikan. pengadaan air bersih Pustu Tumpung Laung I, pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil,” papar Camat Montallat.

BACA JUGA : Harapkan Jaringan Listrik, Warga Montallat Sampaikan Aspirasi Saat Reses Anggota DPRD Barito Utara

Berikutnya, usulan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan ketahanan pangan dengan mengusulkan cetak lahan persawahan di beberapa titik.

Menanggapi hal itu, Asisten Admum Setdakab Barito Utara, Yasser Arafat memastikan akan segera disampaikan ke Bupati Nadalsyah melalui Sekretaris Daerah, Muhlis.

BACA JUGA : Anggota DPRD Barito Utara Akan Cek Jalan Kandui – Montallat

Dalam Musrenbang Kecamatan Montallat, juga dirangkai dengan penandatanganan berita acara kegiatan, penetesan vitamin A kepada balita, serta penyerahan sarana dan prasarana kesehatan kepada tenaga kesehatan.

Kegiatan menyerap aspirasi masyarakat ini juga diikuti perwakilan perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Montallat seperti PT Telen Orbit Prima dan PT Sinergi Hutan Sejati.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.