Bupati Barito Utara Tekankan Pentingnya Musrenbang Tentukan Arah Pembangunan dan Perekonomian Daerah

0

LEWAT kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tahun 2024 bisa jadi wahana untuk mengajukan usulan dalam penyusunan rancangan pembangunan daerah.

MUSRENBANG merupakan kegiatan awal dari penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjadi bagian dari sistem manajemen daerah yang punya nilai strategis dalam menentukan arah pembangunan sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Lewat rapat bersama musrebang yang diikuti seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dari camat hingga lurah diingatkan Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menjadi kegiatan sangat penting bagi daerah.

Hal itu diungkapkan Nadalsyah saat membuka Musrenbang Kecamatan Teweh Tengah di Muara Teweh, Senin (13/2/2023).

BACA : Godok Raperda Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, DPRD Barito Utara Janji Kaji Mendalam

“Musrenbang merupakan rencana kegiatan pembangunan daerah dari pelaksanaan amanat UU. Jadi, musrenbang merupakan forum antar SKPD, sehingga berbagai usulan bisa disesuaikan dengan skala prioritas dan peraturan yang berlaku,” ucap Bupati Barito Nadalsyah.

Dia menekankan tujuan penyusunan rencana pembangunan tidak lain guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan perekonomian.

“Melalui musrenbang juga bisa meningkatkan kesejahteraan sosial di masyarakat dengan tenaga kerja masyarakat di semua bidang,” ucap Koyem, sapaan akrab Bupati Nadalsyah.

BACA JUGA : Pembelian Alat Berat Agar Pembangunan Infrastrukrur Di Barito Utara Lebih Optimal

Menurut dia, pasca pandemi Covid-19, perekonomian daerah mulai semakin baik hingga bisa menjaga stabilitas dan mendongkrak keuangan daerah.

“Makanya, dalam  musrenbang tingkat kecamatan ini semua usulan akan ditampung. Namun, skala prioritas dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Nadalsyah.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalteng ini meminta agar para camat lurah dan kepala desa bisa segera mempercepat penyelesaian tata batas. Hal ini penting, guna memberi kepastian status hukum wilayah masing-masing.

BACA JUGA : Bupati Nadalsyah Buka Raker DPC APDESI Barito Utara

“Saya meminta kegiatan musrenbang dapat menghasilkan usulan prioritas kegiatan tahun 2024. Dengan begitu, mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi daerah,” tandas Nadalsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.