Citilink Gandeng BSSN Demi Jaminan Keamanan Identitas Diri Lewat Tanda Tangan Elektronik

0

MASKAPAI penerbangan Citilink menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

KERJA sama ini terkait pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan Citilink.  Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai dan Kepala BSSN RI Hinsa Siburian di Tangerang, Kamis (16/2/2023). 

Dirut Citilink Dewa Kadek Rai mengungkaplkan di tengah era yang serba digital, tanda tangan elektronik yang tersertifikasi menjadi sebuah kebutuhan dalam mendukung efisiensi waktu serta proses bisnis yang berjalan di perusahaan. 

“Karena itu pemanfaatan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi ini dapat memudahkan proses penandatanganan dokumen secara cepat, mudah dan bebas rumit,” ujar Dewa. 

BACA : Ada Kendala Teknis, Penerbangan Citilink Tujuan Semarang Dibatalkan

Dengan adanya penandatanganan MoU antara BSSN-Citilink, dimaksudkan sebagai landasan untuk melakukan kerja sama saling menguntungkan. Utamanya, meningkatkan kualitas perlindungan informasi dan transaksi elektronik. 

“Selain itu, bertujuan mewujudkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, terarah, dan berkesinambungan dalam proses perlindungan informasi dan transaksi elektronik,” tutur Dewa.

BACA JUGA : Pasca Insiden Ban Pesawat Pecah, Runway Bandara Internasional Syamsudin Noor Kembali Dibuka

Dia berharap dengan adanya pemanfaatan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi melalui kerja sama dengan BSSN ini dapat mendukung upaya percepatan transformasi digital yang dilakukan di lingkungan Citilink. 

Sementara itu, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media, dan Transportasi BSSN Rinaldy menjelaskan pelindungan informasi dan transaksi elektronik sangat diperlukan sebagai upaya penerapan keamanan siber sesuai amanat Perpres 82/2022 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital. 

BACA JUGA : Didominasi Jamaah Umroh, Januari 2023 Bandara Syamsudin Noor Layani 192.118 Penumpang

“Sinergi, kolaborasi, dan komitmen bersama merupakan salah satu kunci mewujudkan ruang siber yang aman dan sejahtera. Dengan tanda tangan elektronik yang menggunakan sertifikat elektronik dari BSSN tentunya memiliki keabsahan dan kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan yang dibubuhkan pada dokumen,” imbuh Rinaldy. 

Sekadar diketahui, tanda tangan elektronik yang tersertifikasi memiliki jaminan keamanan identitas diri melalui penggunaan teknologi kriptografi asimetris yang dibuat secara unik untuk setiap individu sehingga terjamin keasliannya. 

Citilink merupakan maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia Group yang melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota. 

BACA JUGA : Antisipasi Subvarian Omicron XBB, Bandara Syamsudin Noor Tunggu Arahan Pemprov Kalsel

Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan seperti penghargaan Top IT Implementation Airlines Sector dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di tahun 2017.

Kemudian, penghargaan Transportation Safety Management Award dari Kementerian Perhubungan di tahun 2017, akreditasi bintang empat dari badan pemeringkat industri aviasi dunia, Skytrax selama dua tahun berturut-turut dari tahun 2018.

BACA JUGA : Layanan Baru, Bandara Syamsudin Noor Launching Airport Bus

Ada pula, penghargaan TripAdvisor Traveler’s Choice Award yang telah diperoleh selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2018, meraih predikat 4-Star Low-Cost Airline versi Airline Passenger Experience (APEX) untuk ketiga kalinya, meraih predikat 5-Star COVID-19 Airline Safety Rating dari Skytrax, serta berbagai penghargaan bergengsi lainnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.