Pererat Silaturahmi, KERAKATAN Dan KKBDYN Berkumpul Di Masjid Keramat Palajau

0

PERKUMPULAN Kerukunan Rama Andin Kalimantan Selatan (KERAKATAN) dan Kerukunan Keluarga Besar Demang Yudha Nagara (KKBDYN), menggelar silaturahmi di Masjid Keramat Palajau, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Minggu (12/2/2023).

DALAM silaturahmi tersebut turut hadir Wakil Bupati HST Mansyah Sabri, Ketua Yayasan KERAKATAN Dr Meldy Muzada Elfa beserta seluruh anggota, Ketua Yayasan KKBDYN Kalsel Dewi Damayanti Said dan Anggota .

Dr Meldy Muzada Elfa mengatakan, silaturahmi yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Besar Demang Yudha Nagara (KKBDYN) ini merupakan kali ke-3, dan selalu menghadirkan ratusan keluarga besar.

“Pertemuan yang dipusatkan di Masjid Keramat Pelajau yang merupakan masjid bersejarah dan salah satu masjid tertua di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Datu Pelajau sendiri adalah tokoh Islam yang merupakan asal mula penduduk Plajau yang merupakan turunan dari Pangeran Temanggung Kerajaan Daha.

BACA : NGopi jrektv, Tatuha Turunan Rama-Andin : Memang Turunannya Banyak Yang Jadi Pejabat di Kalsel

“Saya berharap bahwa kegiatan silaturahmi ini memberikan dampak positif terhadap seluruh keturunan warga Pelajau. Sebab Demang Yuda Negara sendiri adalah seorang kepala Distrik Batang Alai pada tahun 1868-1871, dan merupakan turunan dari Datu Pelajau. Sehingga anak cucunya merupakan turunan warga Pelajau yang tersebar di seluruh penjuru Kalimantan Selatan bahkan sampai di luar pulau Kalimantan,” ujarnya.

Melalui masjid Keramat dan makam Datu Pelajau dapat menjadi cagar budaya, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, sehingga akan mendapatkan hibah untuk memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada.

BACA JUGA : Himpun Tutus Rama Andin, Dimotori dr Meldy Muzada Elfa Dibentuk Yayasan Kerakatan

Hal ini tentu akan berdampak kepada kenyamanan orang luar yang ingin sekadar berkunjung atau berziarah untuk memahami sejarah Desa Pelajau.

“Saya berharap Desa Pelajau suatu saat menjadi destinasi rohani dan tentu akan mendongkrak roda ekonomi masyarakat setempat.

Dokter spesialis penyakit dalam ini juga menjelaskan, tentang KERAKATAN yang diketuainya. Andin berasal dari kata raden, sebutan kehormatan kepada turunan temanggung karena dianggap mempunyai darah bangsawan. Seiring perkembangan, maka raden berubah sebutan menjadi Andin.

BACA JUGA : Kisah 4 Putra Maharaja Sari Kaburungan; Raja Kerajaan Negara Daha (1)

Salah satu turunan Pangeran Temanggung adalah Datu Pelajau yang akhirnya beranak cucu di Desa Pelajau. “Andin merupakan sebutan masyarakat kepada turunan kerajaan Daha baik dari Pangeran Temanggung dan Pangeran Bagalung,” bebernya

“Sedangkan Rama sendiri adalah Andin yang dituakan atau diberi gelar kehormatan. Sehingga setiap Rama pasti Andin, namun tidak semua Andin bisa menjadi Rama. Hanya orang yang dihormati dan dituakan saja yang diangkat menjadi Rama,” pungkasnya.

BACA JUGA : Pilih Tinggal di Kampung Berangas, Hikayat Pangeran Bagalung; Leluhur Orang Alalak (2)

Sementara itu, Ketua Yayasan KKBDYN Dewi Damayanti Said mengatakan, kegiatan Silaturahmi ini dilakukan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi agar keluarga-keluarga yang tidak kenal agar bisa saling mengenal satu sama lain.

“Banyak keturunan dari Datu kita. Maka kita diharapkan setiap tahunnya rutin diagendakan acara silaturahmi ini dan selanjutnya kita adakan seperti acara arisan dan melaksanakan acara di hari-hari Islam lainnya,” terangnya.

BACA JUGA : NGopi jrektv: Rama-Andin di Sejarah Kalsel Yang Tertinggal

Terpisah, Wakil Bupati HST Mansyah Sabri mengatakan, silaturahmi ini sebagai momentum menjalin persaudaraan dan perekat hubungan antara KERAKATAN dan KKBDYN.

“Dengan momentum ini, mari kita perkuat ukhuwah kita baik antar Yayasan KERAKATAN dan Yayasan KKBDYN di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Mansyah Sabri menambahkan, ada tiga hal penting pada momentum silaturahmi ini. Tiga hal penting itu yakni spritual, sosial dan kultural. “Terlebih kalau momentum tersebut dilakukan rutin setiap tahun, Pemkab HST selalu mendukung,” imbuhnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/13/pererat-silaturahmi-kerakatan-dan-kkbdyn-berkumpul-di-masjid-keramat-palajau/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.