NGopi jrektv, Tatuha Turunan Rama-Andin : Memang Turunannya Banyak Yang Jadi Pejabat di Kalsel

0

NGOPI (NGobrol Pinggiran) Akhir Pekan JRTV menampilkan paparan ‘Hikayat Silsilah Rama-Andin. Menguak Sejarah Kalsel Yang Tertinggal’. Sesi 02.

HAJI Syachsam Syarkawi Yuda Negara Martapati yang juga tatuha di Rama-Andin dan berasal dari Plajau, tentu didaulat menjadi pembicara, dan dipandu Dr H Subhan Syarief MT.

BACA JUGA: NGopi jrektv: Rama-Andin di Sejarah Kalsel Yang Tertinggal

Subhan Syarief juga memahami berbagai aspek Budaya Banjar, dibantu jurnalis asal Banjarmasin Muhammad Rasyidi MAP.

Syachsam Syarkawi Yuda Negara Martapati mengungkapkan, cerita orang tua kami. “Kami keturunan Andin. Jadi nenek Andin Hainah, dan di atasnya lagi Andin Rainah. Lalu kawin dengan Martapati, dan punya anak, Ya kita-kita ini,” ucap Syachsam Syarkawi bercerita.

Bahkan, sebutnya, ada yang ke Pontianak Kalbar, yakni adik dari Andin Hanafiah. “Anak-anak yang dari Pontianak, kini ada di Malaysia. Sebagian di Margasari, ada anak dari Andin Gani. “Orang tua kita bilang, jika turunan dari Andin Gaji ada yang menjadi pejabat di Kota Banjarmasin. Seperti orang tuanya Haji Addy Chairuddin Hanafiah. Kemudian Andin Kesumaningrat. “Anak-anak mereka juga banyak yang jadi pejabat di Kalsel. Kami basapupuan haja sabarataan,” tanda Syachsam Syarkawi.

BACA JUGA: Momentum Pemuda di Hari Sumpah Pemuda dalam NGopi Akhir Pekan

Termasuk neneknya Haji Gusti Iskandar Sukma Alamsyah. “Neneknya Gusti Kumala, dan ibunya Gusti Iskandar yakni Andin Jahrah. “Jadi Andin ini, kata orang tua kita. Ada dari Kerajaan Banjar memboikot ke Hulu Sungai, dan mendirikan sebuah kerajaan. Ya, mungkin Kerajaan Daha. Jadi tidak ada Gusti lagi. Andin semua anak-anaknya,” bebernya.

Untuk lebih lengkapnya, dapat ditontong di Youtube, IG, FB jrektv. Jangan lupa klik dan subscribe. (jejakrekam)

Penulis jrektv
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.