Himpun Tutus Rama Andin, Dimotori dr Meldy Muzada Elfa Dibentuk Yayasan Kerakatan

1

MENGHIMPUN tutus Rama Andin yang tersebar di Kalimantan serta luar negeri, secara resmi dibentuk Yayasan Kerukunan Rama Andin Kalimantan Selatan (Kerakatan).

TUTUS Rama Andin merupakan keturunan Raja Kerajaan Negara Daha (1437-1526) Raden Tumenggung, putra Raden Sukarama sebelum lahirnya Kerajaan Bandarmasih yang kelak berubah menjadi Kesultanan Banjar. Beribukotakan di Muhara Hulak, Nagara (Daha) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta memiliki bandar perdagangan besar di Muara Bahan (kini Marabahan).

Pasca Kesultanan Banjar berdiri pada 1520 mewarisi wilayah kekuasaan Kerajaan Negara Daha membentang dari Tanjung Sambar (Ketapang, Kalimantan Barat) hingga Tanjung Aru (Kinibalu, Sabah, Malaysia), gelar Andin pun disematkan kepada keturunan Pangeran Tumenggung, usai bermukim di Batang Alai (Kabupaten Hulu Sungai Tengah).

BACA : Bubuhan Di Era Kesultanan Banjar, Diberi Gelar Pembekal, Kiai Hingga Andin (2-Habis)

Tutus Andin dan Rama pun akhirnya menyebar tak hanya di Kalimantan Selatan. Namun juga ada di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Arab Saudi dan luar negeri. Termasuk di Sumatera, Jawa, Pulau Kalimantan, Sulawesi sampai ke Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Gelar Rama disematkan kepada tokoh atau senior Andin yang punya pengaruh kuat dari bubuhan masyarakat ‘Pahuluan’. Tidak sembarangan Andin dari kalangan laki-laki bisa mencapai gelar Rama. Sedangkan, Andin merupakan gelar atau tutus dari Pangeran Tumenggung baik laki-laki maupun perempuan sejak lahir. Gelar Andin ini banyak dijumpai di Margasari, Rantau, Negara (Daha), Amuntai, Kelua, Marabahan dan wilayah lainnya,” tutur Ketua Yayasan Kerakatan, dr Andin Meldy Muzada Elfa kepada jejakrekam.com, Rabu (14/9/2022) malam.

BACA JUGA : Konsep Bubuhan, Sistem Keluargaan Masyarakat Banjar Jadi Warisan Budaya (1)

Menurut dia, selama ini bubuhan Rama dan Andin masih menjalin hubungan kekerabatan dan silaturahmi dalam berbagai kesempatan. Hingga atas dasar itu, akhirnya dibentuk Yayasan Kerakatan dikuatkan dengan akta notaris Nur Alia pada Jumat (9/9/2022).

Dari data dan fakta yang dihimpun Yayasan Kerakatan disebutkan pula ada hubungan pencampuran antara bangsawan Kerajaan Negara Daha dengan pengislaman dari utusan Kerajaan Demak di Hulu Sungai. Sebagai bukti adalah keberadaan Masjid Keramat Palajau di Desa Palajau, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), ketika itu dihubungkan dengan Sungai Palayarum dan Sungai Kambat.

Pendiri dan pengurus Yayasan Kerukunan Rama Andi Kalimanan Selatan (Kerakatan) usai diskusi di Aussie Cafe, Grand Yakin A Yani km 10 Kertak Hanyar, Banjar.(foto Didi GS)

BACA JUGA : Blunder Van Twist Dudukkan Tamjidillah sebagai Sultan Muda Kerajaan Banjar

Dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Ulin Banjarmasin dan RS Islam Banjarmasin ini mengatakan kehadiran Yayasan Kerakatan bisa menghimpun kembali tutus Rama Andi yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri demi menjalin silaturahmi dalam lingkup budaya.

“Kami juga akan melakukan kajian ilmiah tutus Rama Andin di Kalimantan. Termasuk, mempelajari sejarah sebenarnya masuknya agama Islam di Hulu Sungai,” kata Meldy.

Dengan moto Rakat Mufakat Dunia Akhirat, Yayasan Kerakatan ini dimotori para pendiri seperti Andin Alfianoor Ansyarullah Naim, Andin Meldy Muzada Elfa, Andin Adam Malik Rosandhi Karsa Loerah Ulang Martapati, Faesal Husain Demang Yuda Negara Martapati, Andin Rama Norkamal Pahsya, M Harliansyah Andin Marais dan Ariaan Saputera Jayapati.

BACA JUGA : Nansarunai; Kerajaan Dayak Maanyan yang Merupakan Leluhur Urang Banjar

Duduk di jajaran Pembina Yayasan Kerakatan dipercayakan kepada Andin Saleh Lamri Andin Tarif (Malaysia),Ferry Fernanda Hoesain Demang Yuda Negara Martapati, Haris Fadilah Loerah Andin Asin, Andin Yunani Andin Tarip, Fitriadi Rama Sulaiman Margasari, Muhamamd Noor Tadung Arya, Sufianoor Abdul Manaf Martapati, Rifan Abdul Rasyid, Andin Akhmad Murbawi dan Andin Ahmad Zaini Dahlan.

Sedangkan di jajaran Pengurus Yayasan Kerakatan sebagai Ketua Andi Meldy Muzada Elfa dibantu Wakil Ketua I, II, II yakni Faesal Husain, Andin Rama Norkamal Pahsya, dan Sufian Abdul Manaf.

BACA JUGA : Islamisasi Tanah Banjar dan Gagalnya Raden Sekar Sungsang Dirikan Kerajaan Islam

Sekretaris dipercayakan kepada Andin Alfianoor Ansyarullah Naim, dibantu wakil sekretaris; Andin Adam Malik Rosandhi Karsa Loerah Ulang Martapati. Bendahara yayasan dipegang Harli Andin Marais dibantu Yossy Hoesain sebagai wakil bendahara.

Ada pula seksi-seksi dibentuk di Yayasan Kerakatan. Seksi budaya; Raymond Haji Marais, Seksi Penelitian dan Pengambangan; Arian Jayapati. Sementara, tokoh Palajau lainnya yang merupakan mantan Kepala Perwakilan Pemprov Kalsel di Jakarta,  Syachsam Syarkawi Yuda Negara Martapati diamanati sebagai pengawas.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/09/15/himpun-tutus-rama-andin-dimotori-dr-meldy-muzada-elfa-dibentuk-yayasan-kerakatan/,Rama dan andin
Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi
1 Komentar
  1. Andin Ishaq berkata

    Lanjutkan… himpun keluarga yang berserakan

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.