Dirut Bank Kalsel Dicopot? Posisinya Kini Digantikan Fachruddin sebagai Pelaksana Tugas

0

DALAM laman Bank Kalsel di bawah PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalsel, posisi Direktur Utama (Dirut) bank pelat merah milik Pemprov Kalsel bersama 13 kabupaten/kota telah berganti.

POSISI Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel yang semula ditempati Hanawijaya, kini digeser oleh Fachruddin merupakan Direktur Bisnis Bank Kalsel merangkap Pelaksana Tugas Dirut. Sedangkan, posisi lainnya tak berubah. Direktur Kepatuhan Bank Kalsel dipegang H IGK Prasetya dan Direktur Operasional Bank Kalsel; Ahmad Fatrya Putra.

Jabatan Dirut Bank Kalsel diemban oleh Hanawijaya yang pernah berkiprah di Bank Jateng dan Bank Mandiri, terbilang cukup singkat. Sebelumnya, Hanawijaya dipilih berdasar surat keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-173/D.03/2021 tanggal 12 November 2021 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Hanawijaya selaku calon Direktur Utama membawahi Unit Usaha Syariah PT Bank Pembangunan Daerah Kalsel.

BACA : Memiliki Segudang Pengalaman, Ini Profil Singkat Direktur Utama Bank Kalsel

Hal ini menguatkan hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) Luar Biasa yang termaktub pada Akta Pernyataan Keputusan Sirkular Pemegang Saham PT  Bank Pembangunan Daerah Kalsel Nomor 25 Tanggal 30 November 2021, menyetujui dan mengesahkan pengangkatan Hanawijaya sebagai Direktur Utama Membawahi Unit Usaha Syariah Bank Kalsel terhitung sejak tanggal 1 Desember 2021 sampai dengan 1 Desember 2026.

Menariknya, begitu ada RUPS Bank Kalsel yang berlangsung di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Selasa (8/2/2023) yang dihadiri pemegang saham dipimpin Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama para bupati dan pemegang saham, kabarnya memutuskan adanya pergantian pucuk pimpinan di bank milik bersama Pemprov Kalsel dan 13 kabupaten/kota.

BACA JUGA : Pertahankan Pemegang Saham Kedua Bank Kalsel, Pemkot Banjarmasin Dapat Dividen 12 Persen

Benarkah Dirut Bank Kalsel telah dicopot? Sejumlah karyawan bank itu mengakuinya. Bahkan, prosesi hijrahnya sang eks dirut, Hanawijaya dihelat secara sederhana, seperti terekam dalam IG story akun acim_acim (Muhammad Mustakim S.Sos, MAB) mengabarkan acara perpisahan di sebuah ruangan utama di Bank Kalsel.

Keterangan resmi dalam laman bankkalsel.co.id, soal posisi Direktur Utama dipegang Fachruddin sebagai Plt. (Foto Tangkapan Layar)

“Ya, saat ini Plt Direktur Utama Bank Kalsel dijabat oleh Pak Fachruddin,” ucap seorang karyawan Bank Kalsel enggan dikutip namanya kepada jejakrekam.com, Jumat (10/2/2023).

BACA JUGA : Hadirkan Seluruh Pemegang Saham, Bank Kalsel Gelar Seminar Pemenuhan Modal Inti BPD

Dikonfirmasi terpisah, Komisaris Bank Kalsel, Rizal Akbar Sarupi enggan berkomentar banyak soal kabar pergantian pucuk pimpinan di dewan direksi. “Kita lihat dulu ya,” kata Rizal Akbar, singkat.

Sekadar mengingatkan, dalam RUPS Luar Biasa Tahun 2023 dan RUPS Tahun Buku 2022 di Hotel Rattan Inn, dihadiri 13 perwakilan pemegang saham Bank Kalsel serta Gubernur Sahbirin Noor. Kabarnya, dalam RUPS Luar Biasa itu diambil keputusan untuk mencopot direktur utama. Acara itu juga dirangkai dengan pengukuhan Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, Hatmansyah.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/10/dirut-bank-kalsel-dicopot-posisinya-kini-digantikan-fachruddin-sebagai-pelaksana-tugas/
Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.