Diprediksi Jamaah Membludak, Haul Akbar Guru Sekumpul Terpusat di 2 Titik Kota Martapura

0

MESKI lokasi peringatan hari wafatnya Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di awal bulan Rajab, tak lagi dipusatkan di Sekumpul, Martapura, toh pengamanan terpadu tetap diterapkan Polda Kalsel.

DIRENCANAKAN, haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 yang dipusatkan di Kampung Keramat, Martapura, tepatnya di kawasan kediaman pribadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (Paman Birin) akan dihelat pada Kamis (26/1/2023) malam.

“Haul akbar Abah Guru Sekumpul diprediksi akan dihadiri banyak jamaah. Ada dua titik pelaksanaan haul kali ini. Yakni, Mushalla Ar Raudhah Sekumpul Martapura dan kediaman Paman Birin di Kampung Keramat Martapura,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (19/1/2023).

BACA : Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Kampung Keramat Bakal Dihadiri Eks Wapres Jusuf Kalla

Tinggal sepekan lagi, tradisi tahunan itu akan dihelat karena terhitung sudah 2 tahun tidak dilaksanakan panitia akibat pandemi Covid-19.

Melalui Biro Operasional Polda Kalsel juga telah melaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholders terkait dalam persiapan pengamanan gelaran haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18.

BACA JUGA : Menghidupkan Tradisi Haul Guru Sekumpul di Tengah Pandemi Covid-19

Kabid Humas Polda Kalsel ini mengungkapkan sedikitnya ada 1.200 personel diterjunkan dalam pengamanan haul akbar Abah Guru Sekumpul di dua titik di Martapura, Kabupaten Banjar. Mereka terdiri dari 600 personel dari jajaran Polri. Selebihnya, disokong kekuatan dari TNI, pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, PMK, PMI serta relawan lainnya.

“Haul akbar Abah Guru Sekumpul diprediksi membludak. Sebab, haul ke-16 dan ke-17 sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Belajar dari pengalaman haul akbar ke-15 (tahun 2020) dihadiri ada sekitar 2 juta orang. Makanya, tahun ini diperkirakan jumlahnya bisa meningkat,” tutur perwira senior Polda Kalsel ini.

BACA JUGA : Relawan Haul Guru Siap Jamu 2,5 Juta Jamaah

Rifa’i menyebut rekayasa lalu lintas akan diberlakukan. Terutama, akses masuk dari arah Hulu Sungai, Banjarmasin, dan lainnya menuju ke lokasi acara. Terutama, di Jalan Kertak Baru, Kampung Keramat, Martapura.

“Kami imbau agar masyarakat jangan membawa barang-barang berharga. Sebab, haul akbar Abah Guru Sekumpul ini merupakan kegiatan ibadah. Semoga semua berjalan dengan lancar dan aman,” papar mantan Kapolres Batola ini.

BACA JUGA: Undang Ponpes Tebuireng, Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18 Digelar di Kediaman Paman Birin

Mengenai kehadiran sejumlah pejabat negara yang akan mengikuti prosesi haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 ini, Kabid Humas Polda Kalsel mengungkapkan hingga kini belum terkonfirmasi.

“Namun, jika hadir para pejabat negara, tentu akan diberlakukan pengamanan khusus. Kami akan tambah kekuatan personel untuk pengamanan khusus,” pungkas Rifa’i.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/19/diprediksi-jamaah-membludak-haul-akbar-guru-sekumpul-terpusat-di-2-titik-kota-martapura/,musola aroudah sekumpul tempo dulu
Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.