Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Kampung Keramat Bakal Dihadiri Eks Wapres Jusuf Kalla

0

USAI dua tahun tak digelar secara massal akibat pandemi Covid-19, haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul akan digelar pada tahun 2023  bertepatan awal bulan Rajab 1444 Hijriyah.

RENCANANYA, lokasi haul akbar ulama kharimastik guna mengenang wafatnya Abah Guru Sekumpul ke-18 tidak lagi di kawasan Sekumpul, Martapura.

Berdasar kesepakatan para ulama Martapura dan Pemprov Kalsel, lokasinya dipindah dan dipusatkan di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, tepatnya di Jalan Kertak Baru RT 1, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar pada Kamis (26/1/2023) mendatang.

Direncanakan, haul akbar Abah Guru Sekumpul tak hanya mengundang penceramah KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Ponpes Tebuireng, Jombang, juga di antaranya adalah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

BACA : Undang Ponpes Tebuireng, Haul Akbar Guru Sekumpul Ke-18 Digelar Di Kediaman Paman Birin

Kedatangan sejumlah tokoh nasional, termasuk mantan Wapres Jusuf Kalla diketahui setelah lima personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mendatangi Polda Kalsel, Banjarmasin, Senin (16/1/2023).

Kedatangan mereka untuk koordinasi dengan Biro Operasional Poda Polda Kalsel, terkait pengamanan mantan orang nomor dua di Indonesia tersebut.

BACA JUGA : Menghidupkan Tradisi Haul Guru Sekumpul di Tengah Pandemi Covid-19

“Pak Jusuf Kalla yang rencananya datang dalam haul akbar Abah Guru Sekumpul di Martapura,” ucap salah seorang Paspampres sambil berlalu meninggalkan awak media di Banjarmasin.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengaku belum bisa memberikan informasi tersebut, “Belum ada informasi lebih lanjut,” ucap perwira senior Polda Kalsel ini, singkat.

Haul Akbar ke-18 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul setiap tahunnya dihadiri oleh ratusan ribu bahkan jutaan warga. Kedatangan mereka tidak hanya dari warga Kalsel saja, banyak warga luar provinsi bahkan luar negeri.

BACA JUGA : Manaqib Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjary

Setelah tidak digelar selama dua tahun karena pendemi Covid-19, haul akbar tahun 2023 akhirnya diumumkan oleh ulama Martapura, KH Wildan Salman (Guru Wildan), usai para ulama bertemu dengan jajaran Pemprov Kalsel. Haul akbar ini dipusatkan di kediaman Paman Birin di Kampung Keramat Martapura pada Kamis (26/1/2023) malam. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.