Terbesar di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Ingin Puskesmas Sungai Andai Jadi RS Kelas D

0

IMPIAN warga Sungai Andai untuk memiliki fasilitas kesehatan tersendiri, akhirnya terwujud. Ini ditandai dengan peresmian Puskesmas Sungai Andai oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Sabtu (4/6/2022).

PUSKESMAS Sungai Andai merupakan fasilitas kesehatan ke-27 yang dimiliki Pemkot Banjarmasin. Usai sebelumnya, Puskesmas Kayutangi beroperasi, pasca kebakaran dengan bangunan baru.

Walikota Ibnu Sina usai meresmikan Puskesmas Sungai Andai dengan pemotongan rangkaian bunga, dilanjutkan dengan mengecek kondisi ruangan dalam gedung mewah itu.

Ibnu Sina didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Banjarmasin Machli Riyadi dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi dan pejabat lainnya.

BACA : Ditaksir Sedot Anggaran Rp 7 M, Kadinkes Banjarmasin Beberkan Desain Puskesmas Induk Sungai Andai

Ibnu Sina mengakui Sungai Andai merupakan kelurahan terdapat di Banjarmasin, karena populasi penduduk terus bertambah tiap tahun. “Jadi, sangat wajar membutuhkan fasilitas kesehatan berupa puskesmas,” tutur Ibnu Sina.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap Puskesmas Sungai Andai bisa dikelola dan dirawat dengan baik. Apalagi, lokasi pembangunan Puskesmas Sungai Andai merupakan sumbangsih dari para pengembang kawasan perumahan itu.

“Saya berharap ke depan Puskesmas Sungai Andai ini bisa dikembangkan menjadi rumah sakit kelas D pratama. Sebab, luas lahan yang berada di pinggir sungai masih bisa dikembangkan,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Sudah Saatnya Kelurahan Sungai Andai Dimekarkan Lagi

Untuk diketahui, berdasar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Rumah Sakit Kelas D Pratama memberi pelayanan berupa pelayanan medik umum, gawat darurat, keperawatan, laboratorium pratama, pelayanan radiologi dan pelayan farmasi.

Menurut Ibnu Sina, Puskesmas Sungai Andai termasuk puskesmas terbesar yang ada di Banjarmasin. Sehingga, posisinya yang berada di tepi Sungai Andai bisa dimanfaatkan uuntuk susur sungai sekaligus menjadi jalur evakuasi pasien lewat jalur sungai. “Tinggal aksesnya saja yang akan dibenahi ke depan,” pungkas Ibnu Sina.

BACA JUGA : Mendapat Hibah Tanah, Pemkot Bakal Bangun Puskesmas di Sungai Andai

Sekadar mengingatkan, Puskesmas Sungai Andai dibangun dengan dana APBD tahun 2021 dari pos Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin segede Rp 7 miliar lebih. Namun, saat digarap kontraktor PT Pelita Andika Ambar Lestari ditawar lewat harga nego sebesar Rp 5,7 miliar lebih.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/06/04/terbesar-di-banjarmasin-walikota-ibnu-sina-ingin-puskesmas-sungai-andai-jadi-rs-kelas-d/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.