Kejari Banjarmasin Endus Dugaan Korupsi Pembangunan Gedung Balai Besar POM

0

MENGENDUS adanya dugaan potensi korupsi pada pembangunan gedung Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Banjarmasin, Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin langsung melakoni penyelidikan.

LANGKAH pengusutan ini ditandai dengan terbitnya Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) tanggal 2 Januari 2023. Bangunan gedung baru itu berada di Jalan Bina Praja Utara, Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Untuk biaya pembangunan gedung baru ini mencapai Rp 27 miliar lebih.

Dana itu digelontorkan bersumber dari APBN 2019 dibagi dalam dua tahap. Yakni, tahap I sebesar Rp 16 miliar lebih. Dilanjutkan pada tahap II dari APBN tahun anggaran 2021 segede Rp 11 miliar lebih.

BACA : Temukan Produk Kedaluwarsa di Hypermart Banjarmasin, BBPOM: Kita Minta Segera Dimusnahkan

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banjarmasin, Indah Laila melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Dimas Purnama Putra mengungkapkan, saat ini tim penyidik sedang berkoordinasi dengan ahli dari perguruan tinggi di Kalsel guna melakukan pemeriksaan fisik bangunan.

“Sementara masih dugaan. Masih tahap penyidikan umum dilakukan untuk mencari alat bukti agar bisa menentukan siapa tersangkanya, pre-meeting pemeriksaan sudah dilakukan hari ini,” ucap Kasi Intelijen Kejari Banjarmasin, Dimas Purnama Putra kepada jejakrekam.com, Kamis (5/1/2023).

BACA JUGA : Soroti Peredaran Bebas Via Online, BPOM Ingatkan Jangan Bangga Beli Produk Impor

Berdasar data lpse.pom.go.id, pada 2022 kembali dilakukan tender pembangunan gedung laboratorium dan kantor pelayanan publik tahap IV. Nilai pagu anggaran mencapai sebesar Rp 34 miliar.

Ketika itu, ada 137 perusahaan konstruksi yang mengikutinya lelang terbuka itu. Namun, tender dibatalkan dengan alasan tidak ada peserta yang lulus evaluasi penawaran.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/06/kejari-banjarmasin-endus-dugaan-korupsi-pembangunan-gedung-balai-besar-pom/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.