Temukan Produk Kedaluwarsa di Hypermart Banjarmasin, BBPOM: Kita Minta Segera Dimusnahkan

0

SEJUMLAH pejabat Pemkot Banjarmasin bersama Balai Badan Pengawasan Makanan dan Obat (BBPOM) ramai-ramai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Hypermart Duta Mall Banjarmasin, Selasa (4/5/2021).

TUJUANNYA, untuk mengecek masa kedaluwarsa produk makanan dan minuman, yang ada di salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di ibukota Kalsel itu.

Hasilnya, terdapat satu produk yang sudah mendekati masa kedaluwarsa namun masih dipajang. Produk itu berupa makanan ringan seperti keripik singkong. “Kita minta ke pemilik untuk segera diretur atau dimusnahkan,” tegas Kabid Tata Usaha Balai Besar POM di Banjarmasin, Hartono.

BACA: Waspadai Peredaran Barang Kedaluwarsa Jelang Ramadhan

Ia meminta kepada pihak pengelola untuk lebih jeli dalam memajang produk. Menurutnya, alangkah baiknya jika sebelum mendekati masa kadaluwarsa, display produk sudah diganti dengan yang baru. “Sebaiknya sebelum mendekati sudah diganti, jangan saat sudah sampai bulannya baru diganti,” ujarnya.

Hartono pun mengimbau agar masyarakat menjadi konsumen cerdas. Dengan seksama melakukan cek kemasan, label, izin edar serta tanggal kedaluwarsa.

Sementara Store Manager Hypermart Duta Mall Banjarmasin, Jeffry Donovan mengklaim bahwa produk yang dijual semuanya aman.

Jeffry menyatakan bahwa pihaknya sangat memperhatikan masa kedaluwarsa setiap produk makanan yang dijual di tempatnya.

BACA JUGA: Cek Produk Kedaluwarsa, Satgas Pangan Sisir Toko

Ia memaparkan, setiap pekan pihaknya selalu melakukan pengecekan terhadap seluruh produk. “Setiap Selasa kita lakukan pengecekan barang non fresh. Kemudian Sabtu dan Minggu barang-barang fresh. Kalau ada ditemukan maka akan dikembalikan ke supplier untuk dimusnahkan,” tururnya.

Penjabat Walikota Akhmad Fydayeen menuturkan, kegiatan sidak yang mereka lakukan merupakan agenda rutin menjelang lebaran. Melakukan pengecekan masa kedaluwarsa di sejumlah pusat perbelanjaan.

“Seperti biasa dalam rangka mendekati lebaran. Sebutlah inspeksi, terkait kedaluwarsa atau tidaknya sebuah barang yang dijual ke konsumen,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.