Pekerjaan Infrastruktur Bagus, LSM Kalsel Apresiasi Kinerja Dinas PUPR Tala

0

BEBERAPA aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kalimantan Selatan (Kalsel), seperti LSM JAMAK, LP2K, GPI Kalsel, dan Pemuda Kalimantan, mengapresiasi kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanah Laut (Tala).

PASALNYA, pekerjaan proyek infrastuktur di Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut (Tala), dinilai bagus dan cepat, seperti pengaspalan jalan dan pembangunan jembatan, yang menghubungkan akses fasilitas untuk masyarakat.

BACA JUGA: Sempat Diserang Wereng Dan Tungro, Syamsir: Kini Petani Di Tanah Laut Berhasil Panen 100 Hektar

Hal itu terungkap pada pertemuan sejumlah LSM Kalsel pada Selasa (30/1/2023) di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejumlah LSM telah melakukan investigasi akhir tahun 2023 lalu, untuk beberapa proyek APBN dan APBD Tahun 2023.

Ketua LSM Pemuda Kalimantan Novel menilai, pihaknya telah melihat pembangunan jalan dan jembatan tahun 2023 di daerah Kurau Utara sangat pesat.

BACA JUGA: 14.699 Penerima Manfaat Di Tanah Laut Dapat 10 KG Beras Dari Gubernur Kalsel

“Ya, terutama jalan yang menghubungan dari desa ke desa sudah direalisasikan PUPR Tanah Laut (Tala) melalaui Bidang Bina Marga. Ini menjadi apresiasi kami,” ujarnya.

Bahkan, sambungnya, kondisi tersebut sangat berdampak positif, untuk perekonomian dan pertanian. “Dampak positif bagi perkembangan pembangunan ekonomi dan pertanian, mengingat banyak petani di Tala,’  tambahnya.

Dalam bidang infrastruktur telah tampak Dinas PUPR Tala melakukan rekonstruksi /peningkatan kapasitas struktur Jalan Kurau Utara – Handil Suruk dengan anggaran Rp9 miliar lebih dan Kurau Handi Gayam Rp7 miliar lebih.

BACA JUGA: Gunakan Perhitungan IDM, 2 Dosen Uniska Teliti 14 Desa di Bati-Bati Tanah Laut

“Kami aktivis LSM melihat langsung di akhir tahun 2023 lalu. Semua sudah dilakukan pengaspalan oleh PUPR Tala, ” tandasnya.

Sementara itu, aktivis LSM Gazali Rahman, memastikan, pembangunan di Tala tidak lepas dari peran masyarakat. “Semua terealisasi atas peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kecamatan Kurau,” ucapnya.

Tentu tak lepas, bebernya, dari kinerja PUPR Tala yang benar dalam melaksanakan pekerjaan secara tepat waktu, termasuk pengawasan terhadap kontraktor sangat ketat, sehingga hasil  maksimal dan memuaskan, serta kini dapat dinikmati masyarakat luas.

BACA JUGA: Diberi Tanggung Jawab Pj Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman: Pemimpin Itu Harus Melayani Bukan…

Ketua LSM Jamak Kalsel Riduan, mengungkapkan, pembangunan daerah di Kecamatan Bajuin juga mengalami peningkatan pesat.

Terbukti, paparnya, untuk 2023, terdapat 2 pembangunan jembatan, yakni Jembatan Pemalongan dan Jembatan Tebing Siring. ‘Pembangunan 2 jembatan ini sangat diperlukan masyarakat,’ tandasnya.

Bahkan, kini jembatan tersebut sudah dapat dilewat mobil, meski sebelumnya tidak bias terlewati. ‘Jadi masyarakat sangat menikmati kehadiran jembatan ini,’ sebutnya.

BACA JUGA: Sempat Diserang Wereng Dan Tungro, Syamsir: Kini Petani Di Tanah Laut Berhasil Panen 100 Hektar

Mengingat, menurut Riduan, upaya PUPR Tala membangun infrastruktur jembatan di kawasan Desa Tanjung Bajuin memberikan kemudahan dan kenayaman akses masyarakat untuk berlalu lalang. (jejakrekam)

Penulis Afdi Achmad
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.