Bina Hubungan Harmonis Dengan Karyawan, PT Astra Agro Lestari Sabet Perak LKS Bipartit Award 2022

0

PERUSAHAAN perkebunanan kelapa sawit PT Astra Argo Lestari (AAL), berhasil menyabet penghargaan perak pada lomba Lembaga Kerjasama (LKS) Bipartit Award Tahun 2022 yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel.

PENGHARGAAN ini diserahkan oleh Kepala Dismakertrans Provinsi Kalsel Irfan Sayuti yang diterima oleh CDAM PT AAL Area Kalsel Hero Setiawan yang didampingi Kabid HI & Jamsostek Disnaker Tabalong Faisal Rahman, di Hotel Banjarmasin International (HBI), Rabu (23/11/2022) yang lalu.

HRD PT AAL Taufik Rahman mengatakan, penilaian lomba ini dilakukan oleh tim penilai dari Disnaker provinsi pada 30 Agustus 2022 lalu. “Tim penilai dari Provinsi datang ke Tabalong melakukan pemeriksaan dan penilaian pada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta lomba LKS Bipartit Award tahun 2022,” ujarnya.

BACA: Peduli Korban Penyintas Banjir, PT PDL Banjang Salurkan Bantuan Paket Sembako

Penggerak LKS Bipartit PT Astra Agro Lestari ini menyebut, ada beberapa kategori penilaian yang meliputi pengesahan LKS Bipartit perusahaan, frekuensi pertemuan, norma-norma ketenagakerjaan seperti kelengkapan SK, PKB, bukti bayar BPJS dan lainnya.

“Sarana pendukung yang meliputi fasilitas umum karyawan seperti polibun, pelaksanaan MCU, kelengkapan APD, juga menjadi kategori penilaian. Dan yang terakhir, perusahaan telah melakukan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP) yang diupdate secara berkala,” bebernya.

“Dukungan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong juga menjadi nilai tambah bagi PT AAL saat penilaian, dan yang paling penting adalah dukungan serta kerjasama yang sangat harmonis dengan Serikat Pekerja Cakra AAL1,” sebutnya.

BACA JUGA: Buka Pelatihan Kerja, Bukti Nyata Pemprov Kalsel Siapkan Tenaga Terampil

Sementara, Administrator PT Astra Agro Lestari Unari Sarmidi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja atas penghargaan yang diberikan.

“Diraihnya penghargaan ini juga berkat dukungan yang diberikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Bapak H Zulfan Noor, terkhusus atas pembinaan yang diberikan Kabid HI & Jamsos Disnaker Tabalong, Faisal Rahman,” bebernya.

Menurutnya selama ini hubungan Serikat Pekerja Cakra AAL1 dengan perusahaan sangat harmonis. “Selama ini telah tercipta sinergi antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja (wakil pekerja),” ujarnya.

Dan sinergitas itu tegasnya akan terus ditingkatkan lagi demi tercapainya LKS Bipartit Award di tahun berikutnya. “Tahun depan harus mendapat predikat yang lebih baik lagi, karenanya sinergitas ini harus lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.