Tingkatkan Arus Wisata Kalsel, Dinas Pariwisata Kalsel Berikan Pembinaan Pokdarwis Di Tabalong

0

TINGKATKAN kapasitas SDM penggiat wisata di Tabalong, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan berikan pelatihan Pendampingan dan Pembinaan pada Kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

BERTEMPAT di Hotel Aston Tanjung, pelatihan ini diikuti oleh Pokdarwis yang ada di Kabupaten Tabalong dan Balangan, Rabu (23/11/2022).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Mugni Murdian Hasyim mengatakan, kegiatan ini digelar di beberapa kabupaten/kota di Kalsel. “Untuk hari ini, pelatihan kita adakan di Tabalong dengan peserta Pokdarwis se-Tabalong,” ujarnya kepada wartawan usai kegiatan.

BACA: Audensi dengan Menparekraf, Bupati Tabalong Paparkan Potensi Wisata yang ada di Bumi Sarabakawa

“Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku pariwisata di Kalimantan Selatan, khususnya di Tabalong baik dari sisi kompetensi dan performanya,” bebernya.

Dalam pelatihan ini akan dijelaskan beberapa poin terkait kebijakan, gambaran Geopark Meratus dan tentang pemandu wisata. “Pertama mengenai kebijakan pemerintah provinsi Kalsel dalam hal pengembangan kepariwisataan,” ucapnya.

“Selanjutnya materi yang diberikan gambaran tentang Geopark Meratus yang kebetulan ini statusnya sudah menjadi Geopark Nasional, dan ini dalam tahap pengajuan ke UNESCO. Kemudian dilanjutkan dengan dinamika kepemanduan wisata,” sambungnya.

BACA JUGA: Genjot Angka Wisatawan, 9 Destinasi Wisata di Tabalong Serentak Suguhkan Hiburan Rakyat

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepariwisataan kepada Pokdarwis, khususnya terkait etika dan sikap serta pelayanan dalam pengembangan wisata di daerahnya.

Melalui pelatihan ini pula, pihaknya ungkap Mugni berharap dapat menghasilkan tenaga terampil di bidang kepemanduan wisata yang juga mampu menyusun program pemandu wisata sederhana sesuai dinamika dan kekhasan daerah masing-masing.

“Salah satu yang terpenting, melalui kegiatan ini pokdarwis mampu meningkatkan arus kunjungan wisata di wilayahnya secara khusus dan Kalimantan Selatan secara umum. Sehingga, wisata daerah ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi wisata,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.