Genjot Angka Wisatawan, 9 Destinasi Wisata di Tabalong Serentak Suguhkan Hiburan Rakyat

0

BEBERAPA destinasi tempat wisata (DTW) menyuguhkan hiburan rakyat guna memeriahkan perayaan lebaran Idul Fitri 1443 H/2022.

SEDIKITNYA ada 9 DTW yang menggelar hiburan rakyat di lokasi wisata masing-masing. Dari hiburan musik tradisional Banjar seperti panting, tarian, hingga olahraga tradisional seperti panjat pinang, lari karung dan lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Hj Lilis Marthadiana mengungkapkan hiburan rakyat ini merupakan program dari Disporapar Tabalong. Khususnya untuk menarik minat wisatawan datang ke objek wisata andalan daerah.

BACA : Terdekat dengan IKN, Bupati Tabalong Genjot Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah

“Ada sembilan DTW yang sudah berkoordinasi dengan kami untuk menggelar hiburan rakyat ini,” ujar Hj Lilis Martadhiana kepada awak media di Tanjung, Minggu (8/5/2022).

Menurut dia, hiburan rakyat ini bisa menjadi wahana promosi dari pemerintah daerah bersama pengelola wisata di Tabalong, sehingga bisa meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke daerah.

“Hiburan rakyat ini digelar serentak pada Minggu (8/5/2022) di sembilan objek wisata yang ada di Tabalong,” ungkap Lilis.

BACA JUGA : Libur Idul Fitri, Pemkab Tabalong Tutup Semua Destinasi Wisata

Wisatawan lokal saat menikmati panorama alam Gunung Karamo Tratau dengan menaikkan sampan. (Foto Istimewa)

Hiburan rakyat itu dihelat di 9 titik DTW yakni Taman Burung Hutan Kota, Hikun Agri Park,  Danau Tanjung Puri, Taman Menanti Laburan, Wisata Budaya Rumah Adat Banjar perbatasan Kalteng Pasar Panas Kelua, DTW Edukatif Sayang Ibu Desa Harus, air terjun Lano, Riam Bidadari Lumbang dan Gunung Karamo Tratau.

“Hiburan rakyat yang disuguhkan seperti perlombaan hingga tampilan budaya lokal. Ada panjat pinang, lomba balap karung, balap kelereng, lomba makan kerupuk, lomba fashion show, lomba mewarnai, ada juga tarian api adat dan karnaval musik,” ujar Lilis.

BACA JUGA : Bupati Tabalong Janji Tradisi ‘Banaik Langsat’ Jadi Even Wisata Tahunan

Dia berharap dengan adanya hiburan rakyat ini ada kedekatan personal antara pengelola dengan masyarakat, ke depan sinergitas ini bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan hingga mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkab Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.