Perbaiki Jalan Desa Alalak Padang, Dinas PUPR Kabupaten Banjar Klaim Alami Kemajuan

0

PROYEK rehabilitasi jalan Desa Alalak Padang, Kecamatan Cintapuri Darussalam diklaim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar telah sesuai target.

HINGGA kini, tingkat kemajuan (progress) sejak digarap pada 20 November 2022, mencapai 33.04 persen. Berdasar data dari LPSE Kabupaten Banjar, proyek ini dikucurkan dana sebesar Rp 400 juta dari APBD Banjar tahun anggaran 2022.

Pekerjaan konstruksi ini dilelang Dinas PUPR Kabupaten Banjar pada 4 September 2022, dimenangkan kontraktor pelaksana CV Rezeki Berkah Mandiri dari Martapura dengan nilai kontrak Rp 323.544.000.

“Tahapan perbaikan jalan di Desa Alalak Padang ini kami targetkan progressnya mencapai 28,62 persen. Di lapangan, kami pantau tahapan perbaikannya mengalami kemajuan,” ucap Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Jimmy kepada awak media di Martapura, Selasa (24/11/2022) lalu.

BACA : Dilintasi Truk Jumbo Bikin Jalan Desa Pelampitan Amuntai Seperti Kubangan Kerbau

Jimmy menyebut  definisi positif dari pengerjaan tersebut mencapai 4,42 persen, hingga masa pengerjaan berakhir pada 28 Desember 2022 atau berdurasi 90 hari kalender.

“Saat ini, pengerjaannya masih berupa timbunan pilihan (basecourse) yang dipadatkan. Proyek ini akan kami lanjutkan dengan mempertimbangkan kecukupan anggaran perbaikannya,” tutur Jimmy.

BACA JUGA : Belum Kantongi Persetujuan Musyawarah Desa, Gambut Raya Belum Disepakati DPRD-Pemkab Banjar

Menurut dia, dengan adanya anggaran, badan jalan dari pengerasan bisa nanti ditingkatkan ke lapisan pondasi bawah (LPB), kemudian lapisan pondasi atas (LPA) sampai hingga tahap pengaspalan.

Menurut dia, selain proyek perbaikan jalan Desa Alalak Padang, juga dikucurkan proyek serupa rehabilitas jalan Desa Banua Anyar menuju Desa Alalak Padang berpagu anggaran Rp 700 juta. Kemudian digarap kontraktor pelaksana CV Anugrah Karya Airmas senilai Rp 560.210.000.

BACA JUGA : Zona Merah Stunting di Kabupaten Banjar, BEM Fakultas Kedokteran ULM Turun ke Desa Bunglai

Jimmy menegaskan dua proyek itu merupakan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat desa yang disampaikan ke Pemkab Banjar.

“Kami tak bisa memberi janji yang pasti. Sebab, proyek perbaikan jalan desa ini harus disebar ke 20 kecamatan. Terpenting, Pemkab Banjar sudah mengakomodir aspirasi warga desa,” pungkas Jimmy.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.