Diikuti 32 Siswa, Supercamp SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin Digelar

0

GUNA pengetahuan dan pengalaman siswa dalam bidang akademik, SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin selenggarakan Supercamp (Math, English, Science-Social Camp) bertajuk “BALANCE: Best Adorable Learning Creative and Exciting”, Kamis (17/11/2022).

DIIKUTI sebanyak 32 siswa kelas 12 jurusan IPA dan IPS, supercamp ini digelar selama empat hari sejak Senin (14/11/2022) hingga Kamis (17/11/2022).

Kepala SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin, Siti Mardiah A. menyampaikan rangkaian supercamp ini sudah dipersiapkan sejak lama. Sudah masuk di kalender akademik sekolah juga merupakan salah satu program unggulan milik SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin.

BACA : Supercamp SMA Al Mazaya Islamic School, Kunjungi Lok Baintan Hingga Pulau Curiak

“Di supercamp tahun ini, para peserta didik mengkaji beragam ilmu mulai dari ilmu Bahasa Inggris, Matematika, pengetahuan alam hingga pengetahuan sosial,” ucapnya Mardiah kepada jejakrekam.com.

Mardiah kata, Supercamp ini sempat vakum dua tahun karena pandemi Covid-19. Dan pada tahun 2022, SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin mencoba kembali  pembelajaran diluar sekolah yakni supercamp ditambah field trip.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Yayasan maupun orang tua wali juga sangat mendukung adanya kegiatan supercamp ini. Awalnya saya pikir para peserta didik banyak takut. Tetapi alhamdulillah mereka lebih aktif, berusaha terus membaur dan melakukan kegiatan yang dilakukan saat di lapangan misalnya saja seperti menanam pohon di Pulau Curiak, mereka gak takut sama sekali bahkan sangat antusias,” tuturnya.

Adapun diketahui, supercamp hari pertama dan kedua kegiatan dilakukan di sekolah. Dimana peserta didik  mempraktikan langsung pembuatan replika gunung api, pembuatan eskrim, penghitungan luas dan jari-jari bola menggunakan kulit jeruk, pembuatan motor listrik sederhana, hingga membedah katak, tikus  yang masih hidup.

BACA JUGA : SMK Maestro Islamic School, SMP dan SMA Almazaya Pembelajaran Daring Pembuatan Cairan Antiseptik

“Di hari ketiga, peserta didik diajak langsung turun lapangan yakni ke Pasar Terapung Lok Baintan, Pulau Curiak, dan Mesjid Sultan Suriansyah. Dan hari terakhir mereka melakukan sebuah permainan ular tangga berkelompok. Keseruannya dapat ilmunya juga dapat,” ucapnya.

Masih kata Mardiah, ia bilang pada tiga lokasi tersebut peserta didik mengkaji ilmu science dan social. Dimana para guru menyediakan LKPD dan peserta didik dapat menelaah fenomena-fenomenanya secara langsung di lapangan sesuai pertanyaan yang terlampir di LKPD.

Terakhir, Mardiah berharap dengan adanya kegiatan supercamp ini para peserta didik dapat memperoleh banyak manfaat.

“Walaupun lelah tapi itu semua terbayarkan dengan banyaknya pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh. Saya berpesan kepada semua peserta didik dimana pun berada dan siapapun itu kita bisa mengambil ilmu pelajaran disana. Selalu optimis karena segala kendala pasti ada solusinya,” tutupnya.

Sementara itu salah satu siswa kelas 12, Naura bilang dirinya sangat senang tahun 2022 sekolahnya kembali menyelenggarakan supercamp.

“Kegiatannya sangat seru. Kami yang biasanya belajar di kelas hanya liat foto dan video akhirnya bisa ngerasakan pengalaman belajar terjun langsung ke lapangan. Tidak hanya menghapal tapi kami juga bisa ikut terlibat dalam pembelajaran di Supercamp ini,” ujarnya.

Naura berharap ke depannya kegiatan pembelajaran di supercamp ini lebih banyak lagi. Karena menurutnya pembelajaran yang berbasis penelitian tersebut sangat seru tidak hanya melihat di buku tetapi dapat terlibat langsung di kehidupan nyata.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.