Sudah Berumur Tua, Atap Bangunan Pasar Baimbai Kelayan Ambruk, Material Beton Berjatuhan

0

ATAP bangunan Pasar Baimbai di Jalan Kelayan B, RT 05 RW 02 Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan mengalami keretakan, hingga mengeluarkan gemuruh yang membuat para pedagang dan pengunjung berhamburan keluar.

INSIDEN ini terjadi pada Kamis (17/11/2022) sekira pukul 13.00 Wita, ketika tiang bangunan lantai 2 Pasar Baimbai jatuh. Hingga material beton menimpa bagian dasar pasar tradisional di kawasan pemukiman padat penduduk.

“Untungnya, saat kejadian ambruknya tiang dan atap Pasar Baimbai ini dalam kondisi sepi, karena sebagian toko atau kios pedagang tutup. Meski, masih ada sebagian pedagang masih berjualan,” ucap Umar, pedagang Pasar Baimbai kepada awak media, Kamis (17/11/2022).

BACA : Toko Haji Ali di Pasar Lima Ambruk, 2 Karyawan Sempat Terjebak di Reruntuhan Lantai

Dia bercerita jatuhnya sejumlah bahan material Pasar Baimbai itu persis berada di depan. Diawali dengan suara gemuruh, hingga membuat sebagian pedagang dan pengunjung berhamburan keluar.

“Syukurnya, tidak ada korban saat insiden terjadi ketika sejumlah material bangunan Pasar Baimbai, terutama tiang penyangga berjatuhan ke lantai dasar pasar,” ucap Umar.

Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, HM Ridho Satriya mengakui sebagian pondasi atap bangunan Pasar Baimbai mengalami keretakan, sehingga ambruk.

BACA JUGA : Toko Haji Ali Ambruk Saat Direnovasi, Pakar Kota : Bukti Pemkot Banjarmasin Abaikan Keamanan Bangunan Gedung!

“Dari hasil pemantauan sementara di lapangan, ambruknya sebagian bangunan Pasar Baimbai tergolong lama, karena kondisinya sudah tua,” ucap Ridho kepada jejakrekam.com, Kamis (17/11/2022).

Dia mengakui Pasar Baimbai merupakan pasar rakyat yang dikelola oleh masyarakat, bukan masuk dalam kewenangan Pemkot Banjarmasin. Dengan kondisi bangunan yang sudah tua, Ridho mengimbau agar para pedagang serta masyarakat yang bertransaksi jual beli lebih berhati-hati ke depan.

BACA JUGA : Telisik Kelaikan Pasar Tua di Banjarmasin, Tim Ahli Bangunan Gedung Didesak Segera Turun Tangan

“Kami minta pihak pengelola Pasar Baimbai agar segera memperbaiki bangunan yang retak. Jangan sampai kejadian ini berulang, apalagi sampai menelan korban jiwa,” tutur Ridho.

Kondisi bagian atap dan material bangunan Pasar Baimbai di Kelayan B, pasca ambruk menimpa bagian atap dan lantai dasar pasar.(Foto Sirajuddin)

Komandan Regu (Danru) 3 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Ahmad Jailani mengungkapkan sebagian atap bangunan Pasar Baimbai yang mengalami keretakan mencapai 100 meter.

BACA JUGA : Dianggap Sudah Tak Layak Pakai, Pasar Ujung Murung-Sudimampir Baru Harus Segera Direvitalisasi

“Dengan runtuhnya bagian atap Pasar Baimbai itu, secepatnya bisa dipasang terpal sebagai pelindung dari panas dan hujan. Terpenting, para pedagang khususnya pemilik kios di Pasar Baimbai ini lebih hati-hati saat berada di kawasan ini,” tutur Jailani.

Menurut dia, dengan kondisi Pasar Baimbai yang sebagian atapnya roboh, saat hujan turun akan mengakibatkan genangan air.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.