Toko Haji Ali di Pasar Lima Ambruk, 2 Karyawan Sempat Terjebak di Reruntuhan Lantai

0

INSIDEN robohnya lantai toko Haji Ali di kawasan Pasar Lima, Jalan Pasar Baru, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin dekat Bank BCA menghebohkan warga, Selasa (27/9/2022), sekira pukul 14.10 Wita.

INFORMASI dihimpun jejakrekam.com, gara-gara ambruknya lantai 2 (loteng) yang berfungsi sebagai gudang, membuat empat orang sempat terjebak di reruntuhan.

Tampak dalam video amatir yang direkam warga, debu reruntuhan bangunan beteberbangan. Sementara, warga bersama para relawan gabungan dan dibantu aparat kepolisian langsung datang ke lokasi menolong para korban. Sementara, banyak pula warga yang mengabadikan kejadian itu dengan rekaman kamera videonya.

BACA : Belasan Orang Jadi Korban Ambruknya Alfamart Gambut, Polisi: Ada yang Meninggal

Petugas BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi Asnan mengungkapkan lantai bangunan toko berlantai 2 itu berada di bagian tengah dan belakang. Umur toko ini ditaksir sudah mencapai 30 tahun.

Proses evakuasi korban ambruknya lantai Toko Haji Ali di Pasar Lima, Banjarmasin oleh petugas gabungan. (Foto BPBD Kota Banjarmasin)

“Dalam kejadian ini memang tidak ada korban jiwa. Namun, dua korban sempat terjebak di reruntuhan. Untungnya, korban tidak mengalami luka-luka serius sehingga tidak dievakuasi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat,” ucap Hanafi kepada jejakrekam.com, Selasa (27/9/2022).

BACA JUGA : Telisik Kelaikan Pasar Tua di Banjarmasin, Tim Ahli Bangunan Gedung Didesak Segera Turun Tangan

Menurut dia, ambruknya lantai toko itu diduga karena sarat muatan, karena barang-barang dagangan ditaruh di lantai atas. Sehingga saat kejadian ambruknya lantai Toko Haji Ali ini membuat tiga karyawan termasuk pemilik toko sempat mengalami kejadian.

“Saat kejadian, pemilik toko berhasil menghindar, karena berada di bagian belakang. Sedangkan, dua buruh toko yang berada di bagian depan memang sempat terjebak di reruntuhan lantai yang ambruk,” kata Hanafi.

BACA JUGA : Pakar Perkotaan Sebut Pemerintah Seharusnya Mulai Audit Kelayakan Bangunan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin Fahruraji membenarkan ada empat korban dari ambruknya lantai 2 Toko Haji Ali di kawasan Pasar Lima Banjarmasin.

“Namun, empat korban ini dinyatakan selamat. Mereka sudah berhasil dievakuasi, seperti  Suryani (58 tahun) dan Masriyadi (50 tahun), keduanya buruh toko ini yang sempat terjebak di reruntuhan toko dan berhasil diselamatkan, hanya mengalami luka ringan,” pungkas Fahruraji.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.