Telisik Kelaikan Pasar Tua di Banjarmasin, Tim Ahli Bangunan Gedung Didesak Segera Turun Tangan

0

INSIDEN ambruknya ruko tiga lantai yang ditempati Alfamart di Gambut, baru-baru ini. Kemudian, sebelumnya, dinding area bekas Terminal Angkot Pasar Sentra Antasari yang rapuh hingga menelan korban jiwa, jadi atensi.

ANGGOTA Fraksi Golkar DPRD Kota Banjarmasin Sukhrowardi menegaskan pemerintah kota yang banyak pasar tua sudah saatnya melakukan audit bangunan terhadap fasilitas publik itu.

“Jangan sampai kejadian semacam ini terjadi dan terulang di Banjarmasin. Tentu itu tidak kita harapkan, tapi alangkah baiknya jika Pemkot Banjarmasin juga bisa segera mengaudit kembali kondisi kelaikan bangunan fasilitas publik seperti pasar,” kata Sukhrowardi kepada jejakrekam.com, Sabtu (23/4/2022).

BACA : Sempat Diputus Walikota Sofyan Arpan, Ini Sisi Gelap Pasar Sentra Antasari

Politisi beringin yang kini duduk di Komisi V DPRD Banjarmasin ini mengatakan sebenarnya kota ini sudah memiliki tim profesi ahli bangunan gedung berdasar Surat Keputusan (SK) Walikota Banjarmasin Nomor 201 Tahun 2021 pada 26 Februari 2021 diteken Plh Walikota Mukhyar.

“Tentu saja, tim ahli bangunan gedung ini harus dilibatkan dalam menilai kelayakan bangunan gedung sebelum diterbitkan izin mendirikan bangunan (IMB). Hal ini juga terkait dengan amanat UU Bangunan Gedung Nomor 28 Tahun 2002. Khususnya pasar-pasar tua yang ada di Banjarmasin,” ucap anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Berakhir pada 2023, Sentra Antasari Masih Dikelola PT GJW, Pemkot Banjarmasin Tak Bisa Apa-Apa

Sebelumnya, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor bersama tim teknis melakukan pemantauan kelayakan bangunan Pasar Harum Manis 2, Jalan Pasar Baru, Kamis (21/4/2022).

Arifin Noor yang merupakan mantan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin ini menyikapi insiden ambruknya ruko Alfamart Gambut agar tak terjadi di kota seribu sungai.

Dari hasil pemantauan, tampak beberapa kondisi pasar yang tampak tak terawat jadi atensi Wakil Walikota Arifin Noor. Ini demi menjamin keamanan dan keselamatan bagi warga yang berbelanja ke pasar-pasar tersebut.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.