Turdes ke Kecamatan Tanta, Paman Birin Borong Hasil Pertanian dan Produk UMKM Tabalong

0

TURUN ke desa (turdes) dengan motor trail, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin giliran menyambangi Kabupaten Tabalong, Minggu (6/11/2022).

PAMAN Birin turun bersama sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mendatangi kabupaten paling ujung di Kalimantan Selatan.

Kabupaten Tabalong merupakan daerah kelima dalam turdes Paman Birin, usai mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dalam menyerap aspirasi masyarakat.

Saat tiba di Taman Wisata Menanti Laburan, Kecamatan Tanta, Paman Birin disambut Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama jajaran Forkopimda serta pejabat teras lainnya.

“Turdes ini merupakan bentuk penyerapan aspirasi masyarakat desa sekaligus membentuk keakraban serta kebersamaan,” ucap Paman Birin.

BACA : Gunakan Trail, Turdes Paman Birin Tempuh Jarak Ratusan Kilometer

Dia mengatakan tak hanya melakukan perjalanan jauh ke daerah, juga menyalurkan bantuan sosial kemasyarakatan. “Kami juga ingin tahu sejauhmana keadaan dan pengendalian inflasi di daerah. Karena saat ini yang jadi permasalahan itu inflasi, sehingga nantinya bisa menjawab penanggulangan inflasi,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong, Husin Ansyari mengatakan dalam kegiatan turdes Paman Birin, pihaknya bersama Diseprindag Provinsi Kalsel menggelar pasar rakyat.

BACA JUGA : Akhir Tahun, Gubernur Targetkan Capaian Vaksinasi se-Kalsel Tembus 70 Persen

“Kedatangan Paman Birin, kami sambut dengan pasar rakyat yang digelar di Taman Wisata Menanti Laburan,” ucap Husin.

Ia menjelaskan dalam pasar rakyat dilibatkan para petani dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Tabalong.

Menurut Husin, pasar rakyat digelar untuk mengendalikan inflasi di Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Tabalong. “Alhamdulillah, saat kunjungan ke stand UMKM, Paman Birin langsung membeli bahkan memborong hasil pertanian dan produk UMKM Tabalong,” tutur Husin.

BACA JUGA : Percepat Herd Immunity Banjarmasin, Paman Birin Gelorakan Program Vaksinasi Bergerak

Selain itu, dalam turdes ala Paman Birin ini juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon hingga pembagian bantuan sosial ke masyarakat desa. Di antaranya peralatan olahraga, pendidikan, bibit tanaman pangan dan bantuan lainnya.

Dalam turdes juga digelar vaksinasi Covid-19 sebagai upaya dalam meningkatkan capaian vaksinasi di pelosok desa di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.