Dikukuhkan Jarwo Kwat, PaSKI Hadir di Kalsel, Talenta Komedian Bisa Kembali Asah Diri

0

CUKUP lama vakum, kini organisasi yang menghimpun para pelawak atau komedian Banua  dihidupkan lagi. Mereka tergabung dalam Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) Kalimantan Selatan.

PENGUKUHAN kepengurusan PaSKI Kalsel yang diketuai Muhammad Nur Asiddiq sekaligus gala dinner dihadiri Walikota Ibnu Sina ini berlangsung di Restoran Lima Rasa, Banjarmasin, Sabtu (5/11/2022) malam.

Gala dinner ini diisi dengan lawakan Ketua Umum PaSKI Jarwo Kwat (H Sujarwo), pelawak senior yang akrab dengan figur Pak Jalal dalam sinetron religi Para Pencari Tuhan (PPT) yang tayang di layar kaca saban bulan suci Ramadhan.

Selain Jarwo Kwat, hadir pula komedian asli Kandangan Kalsel, Bopak Castello bernama Indrayana  Bidwy, Denny Chandra hingga Daus Separo dalam Tertawa Bareng Komedian Nasional.

BACA : Jhon Tralala, Ikon Penghibur Serba Bisa Tanah Banjar dan Penerus Datu Madihin

Usai mengukuhkan dan melantik kepengurusan PaSKI Kalsel, Jarwo Kwat berharap agar organisasi para comedian ini bisa berkembang di Banua.

Bahkan, Jarwo menghendaki agar PaSKI Kalsel bisa melebarkan sayap ke kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Selatan. Di antaranya membentuk coordinator wilayah (korwil) di setiap kabupaten dan kota di Banua.

“PaSKI harus bisa menjadi pemersatu para komedian yang ada di Kalsel. Tentu saja, tetap menjaga nama baik PaSKI,” tegas Jarwo.

Jajaran komedian Banua berfoto bersama dengan komedian nasional seperti Jarwo Kwat, Bopak Castello usai pelantikan kepengurusan PaSKI Kalsel. (Foto Pemko Banjarmasin)

Sementara itu, Ketua PaSKI Kalsel Muhammad Nur Assiddiq mengakui cukup lama organisasi ini vakum di Kalsel, sehingga kehadirannya bisa menumbuhkan bakat seniman komedi di Banua. Menurut Nur, PaSKI Kalsel juga akan merangkul para talenta komedi untuk bisa menembus nasional, seperti dalam ajang kompetisi grup komedi.

BACA JUGA : Artis Serba Bisa Benyamin S Pernah Order, Songkok Pasar Lama Ikonik Kopiah Banjar

“Ada program yang dibawa Ketua Umum PaSKI seperti kompetisi grup komedi pada Februari 2023 nanti. Insya Allah, Kalsel akan mencari bibit-bibit untuk mewakili daerah ke nasional,” kata Nur.

Begitu hadir dalam acara itu, Walikota Ibnu Sina langsung didaulat menjadi penasihat PaSKI Kalsel berharap serupa. Bagi Ibnu Sina, kehadiran PaSKI membawa angin segar bagi para komedian yang ada di Kalsel, sehingga mengasah diri dalam talenta menghibur.

BACA JUGA : Senja Kala Pasar Terapung Kuin dalam Memori Tersisa Mendiang ‘Acil RCTI Oke’

Terlebih lagi saat pandemi Covid-19, industri kreatif seperti lawak atau komedian sempat tiarap. Pasca pandemi ini, Ibnu Sina menekankan agar PaSKI Kalsel bisa menjadi wadah bagi para seniman lawak atau komedi dalam mengembangkan diri.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.