Gunakan Trail, Turdes Paman Birin Tempuh Jarak Ratusan Kilometer

0

DIPIMPIN Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama Forkopimda dan seluruh Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, turun ke desa (Turdes) menggunakan roda dua berjenis trail dengan personil kurang lebih sebanyak 449 orang resmi dihelat, Kamis (3/11/2022).

ADAPUN Turdes Gubernur Kalsel dan rombongan tersebt menempuh jarak sekitar 600 Km dan akan berlangsung selama 5 hari.

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor menyampaikan turdes ini sebagai bentuk serap aspirasi dari masyarakat desa dan melihat sejauh mana pembangunan disana, dan  membentuk keakraban serta kebersamaan.

BACA : SMA Don Bosco Titik Pantau Pertama Turdes Vaksinasi Bergerak

“Insyaallah, selain melakukan perjalanan, kita juga akan menyalurkan bantuan sosial kemasyarakatan,” ucap orang nomor satu di Kalsel.

Perihal keselamatan, Paman Birin menegaskan, bagi pengendara trail tidak ada yang menggeber-geber motornya saat di jalan maupun lingkungan perdesaan.

“Kita tetap jaga keselamatan, tidak ada ugal-ugalan, jalannya standar dan tetap mengutamakan keselamatan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah menyampaikan, Turdes ini dilaksanakan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat desa.

BACA JUGA : Turun Ke Pelosok, Paman Birin Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Di Pemilu 2019

“Kita juga ingin tahu sejauh mana keadaan dan pengendalian inflasi di daerah karena saat ini yang jadi permasalahan itu inflasi, sehingga nantinya bisa menjawab penanggulangan inflasi,” katanya.

Diutarakan Faried, selama kegiatan Turdes akan dilaksanakan penanaman pohon, pasar rakyat dan dibagikan juga bantuan sosial ke masyarakat desa, diantaranya peralatan olahraga, pendidikan, bibit tanaman pangan dan bantuan lainnya.

Lebih jauh Faried menjelaskan, pihaknya juga memanfaatkan aksi Turdes ini sebagai upaya dalam meningkatkan capaian vaksinasi di pelosok desa.

“Meskipun Covid-19 sudah melandai tetapi kita harus tetap waspada dan Turdes ini sebagai moment dalam vaksinasi bergerak,” tutur Faried.

Diketahui, Turdes yang menempuh jarak kurang lebih 600 KM secara estafet akan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan penghargaan itu akan diserahkan di Kiram Park Kabupaten Banjar pada (7/11/2022) mendatang.

Rute yang dilewati mulai dari halaman kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, kemudian Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala dan Kiram Park Kabupatan Banjar.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/04/gunakan-trail-turdes-paman-birin-tempuh-jarak-ratusan-kilometer/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.