Panggung Utama MTQ XXIX Dilengkapi Digital LED, Polda Kalsel Kerahkan 7.000 Personel Gabungan

0

PERSIAPAN venue utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional XXIX di Kalsel dan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan, di Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar hingga kini sudah mencapai 80 persen.

MTQ Nasional dengan Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah digelar di tiga daerah yakni  Kabupaten Banjar; Desa Kiram, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Institut Agama Islam Martapura dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura.

Sedangkan di Kota Banjarmasin digelar di Aula Serba Guna Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami, Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Sementara di Kota Banjar baru; dipusatkan di Masjid Nurul Iman, perkantoran Pemprov Kalsel, Asrama Embarkasi Haji Banjarmasin dan Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru.

BACA : Kafilah MTQ Mulai Datang, Bandara Syamsudin Noor Siapkan 4 Area Penyambutan

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan, MTQ di Kalsel kali ini akan berbeda dengan daerah lainnya. Di mana, beber dia, pada panggung utama menggunakan konsep Digital LED Screen, dengan panjang 38×10 meter, konsep ini menjadi konsep pertama pada MTQ di Indonesia.

BACA JUGA : Pemprov Kalsel Apresiasi Gerak Cepat PT PLN UWI Kalselteng Sukseskan MTQ XXIX Tahun 2022

“Secara keseluruhan persiapan panggung utama sudah 80 persen. Targetnya, pada 9 Oktober 2022 sudah selesai, tanggal 10-11 (Oktober) finishing, venue-venue lomba juga sudah on progress. Target untuk venue lomba H-3 juga harus sudah selesai dan kita lengkapi dengan fasilitas venue untuk UMKM sebanyak 40 buah,” kata Roy Rizali Anwar saat meninjau venue utama di kawasan Kiram Park, Jumat (7/10/2022).

BACA JUGA : Mengulang Memori Banjarmasin di 1970, Martapura Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional ke-29

Dalam pelaksanaan MTQ nantinya, panitia sudah mengundang 3.042 tamu, baik lokal, nasional bahkan internasional, hingga sekarang terkonfirmasi hadir ada tiga negara, di antaranya Arab Saudi dan Mesir.

Sementara itu, Kepala Biro Ops Polda Kalsel Kombes Pol Nurhandono melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i menyampaikan dalam kegiatan MTQ yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tersebut Polda Kalsel menyiapkan 7.000 personel gabungan.

BACA JUGA : Apakah Gelar Lumbung Qori Nasional Masih Layak?

“MTQ yang akan dibuka oleh RI-1 dan RI-2 pada tanggal 12 sampai 13 Oktober. Kemudian, pada tanggal 19 sampai 20 Oktober, acara penutupan MTQ melibatkan 7.000 personel,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.