Empati Korban Tragedi Kanjuruhan, PSSI Putuskan Hentikan Sementara Kompetisi Liga 3 Zona Kalsel

0

TRAGEDI Kanjuruhan Malang yang menewaskan ratusan orang usai dilanda kerusuhan pasca Arema bentrok dengan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu, membuat semua laga sepakbola nasional terpaksa dihentikan sementara.

LIGA 3 Zona Kalimantan Selatan yang merupakan kasta terendah dalam kompetisi sepakbola nasional ditunda sejak 2 Oktober hingga 9 Oktober 2022.

Penundaan kompetisi Liga 3 Asprov PSSI Kalimantan Selatan diberitahukan Sekretaris PSSI Kalsel, Baktiansyah lewat suratnya tertanggal 2 Oktober 2022 ditujukan kepada para manager/ketua klub sepakbola Liga 3 Asprov PSSI Kalsel.

Surat itu juga ditujukan ke Panitia Pelaksana Pertandingan klub-klub Liga 3 Zona Kalsel. Penundaan sementara kompetisi berdasar arahan Presiden Joko Widodo terkait evaluasi kompetisi Liga 1 Indonesia atas tragedi Kanjuruhan, Jawa Timur.

BACA : Hadapi Laga Panjang Liga 3 PSSI Kalsel 2022, Skuad Peseban Tebar Optimistisme

Kemudian, keputusan Komite Eksekutif Asprov PSSI Kalsel sebagai empati atas tragedi Kanjuruhan. Hingga agenda kelanjutan kompetisi Liga 3 Zona Kalsel akan disusun sembari melakukan penyesuaian berdasar petunjuk dari PSSI dan pemerintah.

Manager Peseban Banjarmasin, Aliansyah mengaku sudah menerima surat pemberitahuan dari Asprov PSSI soal penundaan kompetisi Liga 3 Zona Kalsel.

BACA JUGA : Belajar Bola dari Negeri Kangguru; Memori Peseban Versus Ascot Soccer 1975

“Kami juga turut prihatin atas kejadian di Stadion Kanjuruhan Malang. Paling tidak, tragedi atau kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi liga-liga yang ada berjalan di Indonesia,” ucap Aliansyah kepada jejakrekam.com, Jumat (7/10/2022).

Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PKS ini mengatakan pihaknya pun menghargai keputusan PSSI untuk menunda semua kompetisi dari Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3 demi menjalankan perintah Presiden Jokowi.

BACA JUGA : Bekuk Batulicin Putra 69 di Adu Penalti, Persemar Martapura Kampiun Liga 3 Zona Kalsel

“Walaupun begitu, kami tetap menjaga semangat karena Liga 3 Asprov PSSI Kalsel memang sudah berjalan karena sudah memasuki putaran II,” ucap Aliansyah.

Sebelumnya pada putaran I Liga 3 Asprov Kalsel, Peseban memetik kemenangan 5-0 atas lawannya, PS Balangan di Lapangan Green Yakin, pada Minggu (29/9/2022) lalu, hingga bisa meraih poin 1.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.