Beredar Prediksi 11 Caleg DPR RI, Ketua KPU: Itu Belum Final Jangan Percaya

0

PREDIKSI yang mencantumkan 11 calon anggota legislatif (caleg) yang bakal melenggang ke Senayan, beredar di banyak grup media sosial.

11 nama tersebut berasal dari di dua daerah pemilihan (dapil) Kalsel, uakni Dapil Kalsel 1 Bambang Heri Purnama (Golkar), Muhammad Rifqinizamy Karsayuda (NasDem), Habib Aboe Bakar Al-Habsyi (PKS), Muhammad Rofiqi (Gerindra), Pangeran Khairul Saleh (PAN), dan Saifullah Tamliha (PPP).

Kemudian untuk Dapil Kalsel 2 ada Hasnuryadi Sulaiman HB (Golkar), Endang Agustina (PAN), Hj Mariana (Gerindra), Machfud Ariffin (NasDem), dan Rikwanto (Golkar).

Terkait hal ini, Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa menanggapi serius. “Hasil prediksi yang sempat beredar ke masyarakat, terutama di group Whatshap itu perlu kami informasikan. KPU saat ini sedangkan melakukan rekapitulasi berjenjang,” ujarnya kepada jejakrekam.com, Kamis (15/2/2024) malam.

BACA: Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024, KPU Kalsel Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Politik

Dirinya juga menyebutkan, saat ini surat suara di TPS itu sedang bergeser ke kecamatan. “Saat ini belum ada hasil final terhadap semua perolehan suara baik pilpres maupun pileg, baik di tingkat kabupaten/kota, sampai DPR RI,” katanya.

“Siapa pun boleh melakukan prediksi, tapi itu bukan keputusan final. Mari kita bersabar menunggu hasil yang nanti akan diterapkan secara berjenjang oleh KPU. Jadi itu tidak benar adanya,” tegasnya.

“Mohon semuanya sabar menunggu hasil yang akan kita tetapkan. Orang membuat prediksi silakan, tetapi untuk kebenarannya kita menunggu hasil dari ketetapan berjenjang tadi. Seperti dari formulir C hasil, kemudian C hasil direkap ketingkat kecamatan, kecamatan ke kabupaten, kabupaten ke provinsi dan provinsi ke RI,” bebernya.

Andi Tenri menegaskan, bahwa itu hanya prediksi, dan siapapun boleh memprediksi. “Tapi itu jangan dianggap sebagai ketetapan KPU, kita semua masih menunggu,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.