Buktikan Punya Prestasi, 38 Siswa SLBN Kandangan Unjuk Diri di Pentas Seni

0

KETERBATASAN bukan penghalang untuk bisa berkreativitas. Hal ini ditunjukkan 38 siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kandangan.

PARA siswa ini unjuk diri dalam kreativitas seni budaya dalam Pentas Seni untuk memperingati milad ke-38 SLBN Kandangan, Kamis (29/9/2022) lalu.

Dengan segala keterbatasan baik fisik maupun non fisik, para siswa ternyata menyuguhkan atraksi tarian dan nanyi laiknya siswa umumnya lainnya.

“Kegiatan pentas seni SLBN Kandangan ini diikuti para guru dan siswa tunarungu. Tujuan kami untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas,” ucap Kepala SLBN Kandangan, Endang.

BACA : SLBN Pembina Kalsel Gelar Pelatihan Daring

Menurut dia, ada satu pesan penting dalam pentas seni itu bahwa prinsip dan hak yang sama. Yakni, jika aku juga bisa seperti mereka.

“Ini membuktikan prestasi para siswa SLBN Kandangan. Sebagai hamba Allah, tentu keberadaan mereka tidak dibully di tengah. Mereka harus diberi kesempatan yang sama untuk mendapat pekerjaan yang sesuai serta layak untuk menyongsong masa depan yang cerah,” tutur Endang.

BACA JUGA : Lagi Disorot, Kepala Disdikbud Kalsel Minta Kepsek Bikin Surat Persetujuan

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten HSS, Erni Yulia mengaku terharu sekaligus bangga dengan pentas anak-anak SLBN Kandangan.

“Saya bangga karena bisa hadir bersama mereka. Penampilan mereka di atas pentas seni juga memukau,” katanya.

Erni mengatakan ke depan, pentas seni dan budaya daerah di Kabupaten HSS akan bisa menghadirkan para siswa penyandang disabilitas. “Ini akan kami agendakan ke depan,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.