Rebut Suara Mayoritas di Konkoorcab XXIV, Hizatul Istiqomah Terpilih Pimpin PMII Kalsel

0

PEREBUTAN suara peserta Konferensi Koordinator Cabang (Konkoorcab) XXIV PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kalimantan Selatan akhirnya dimenangkan Hizatul Istiqomah.

KADER perempuan dari PKC PMII Kota Banjarbaru merebut 6 suara, mengalahkan rivalnya Aldi Fachrisaldi dari PKC PMII Kota Banjarmasi hanya mendulang 2 suara. Sedangkan, satu suara dinyatakan tidak sah dari total 9 suara diperebutkan dalam sidang pleno terakhir Konkoorcab XXIV PMII Kalsel yang berlangsung di Gedung BTIKP Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Minggu (25/9/2022) dini hari pukul 01.42 Wita.

BACA : Hizatul Istiqamah-Aldi Fachrisaldi Bersaing Ketat, Konkoorcab XXIV PKC PMII Kalsel Berlangsung Alot

Sementara, perebutan 9 suara juga terjadi pemilihan calon Ketua Kopri PKC PMII Kalsel. Adalah kader PMII Kotabaru, Siti Zahra Janiarti mengoleksi 5 suara berbanding 4 suara milik Eliya Rahmi yang menjadi pesaingnya.

Suasana sidang pleno PMII Kalsel pun berlangsung cukup panas. Namun, hasil yang menduetkan dua kader perempuan PMII ini akhirnya diterima peserta Konkoorcab, hingga dibentuk tim formatur.

BACA JUGA : Polarisasi HMI-PMII Jelang Muktamar, Tokoh NU Kalsel Sebut Banyak Agenda Belum Tuntas

Komposisi formatur dipilih 7 wakil. Terdiri dari Ketua PKC PMII Kalsel terpilih periode 2022-2024, Hizatul Istiqomah, Ketua PMII Kalsel demisioner periode 2019-2022, Khairul Umam serta perwakilan dari cabang Martapura (Kabupaten Banjar), Banjarmasin, Barabai (HST), Amuntai (HSU) dan Kotabaru.

Terpilihnya, Hizatul Istiqomah yang sebelumnya merupakan Ketua PMII Banjarbaru menjadi sejarah baru dalam organisasi ekstra kampus yang terafiliasi dengan ormas Islam, Nahdlatul Ulama (NU) ini.

BACA JUGA : Orasi di Jalan Lambung Mangkurat, Massa PMII Kalsel Demo Tolak Kenaikan BBM

Sebab, jika sebelumnya rata-rata Ketua PMII Kalsel didominasi kaum laki-laki. Tercatat, sudah ada 23 ketua dipegang kaum adam. Kini, pada Konkoorcab XXIV PMII Kalsel terpilih duet Hizatul Istiqomah dan Siti Zahra Janiarti memimpin organisasi pergerakan mahasiswa ini pada masa khidmat 2022-2024.

Hal ini menujukkan jika di tubuh PMII Kalsel sudah mengadopsi kesetaraan gender bukan lagi sekadar kajian, tapi telah diaplikasikan lewat even suksesi 2022 ini.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.