Promosi Investasi Delegasi Kalsel di Nagoya Jepang Akan Segera Ditindaklanjuti Pertemuan di Indonesia

0

HARI pertama kegiatan Pamor Borneo 2022 di Nagoya Jepang, Jum’at, (2/9/2022) dilakukan Business Meeting Joint Local Economics and Industry berupa promosi investasi antara Pemprov Kalimantan Selatan dengan ASEAN Nagoya Club Japan.

DELEGASI Kalsel dipimpin Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan bersama Plt. Kadis PMPTSP Provinsi Kalimantan Selatan. Dari pihak ANC Japan hadir Mr Takashi Ori (President of ANC Japan) memiliki jaringan ke Rumah sakit dan manufaktur, Mr Hisaya Matsuhisa (Director of President One), consultan Toyota Japan memiliki jaringan Pengolahan sampah dan smelter, Mr Hiropisa Tanaka (Director of Denko) Perusahaan IT dan pengembangan wisata.

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan posisi strategis Kalsel sebagai Gerbang Maritim Ibukota Nusantara, dengan potensi wilayah atau kawasan meliputi Metropolitan Banjarbakula, Kawasan Industri Batulicin dan Jorong, KEK Mekarputih dan Pegunungan Meratus sebagai Inspiring Global Geopark Unesco, seta kondisi ekonomi makro Kalsel oleh Imam Subarkah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA : DPRD Kasel Dorong DLH Maksimalkan Potensi BLUD

Dikesempatan itu, Plt. Kadis PMPTSP Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, secara detail memaparkan potensi Kalsel dari sektor tambang, kehutanan dan limbah serta kesehatan.

“Potensi pemanfaatan limbah B3 pelumas bekas dengan volume hampir 198.000 ton/tahun, limbah infeksius dan limbah spesifik B3 lainnya, dan kesiapan Rumah Sakit Ulin untuk menerima investasi sebagai RS Pusat Jantung dan Kanker Terpadu serta RS Ansari Saleh sebagai Pusat Infeksi dan Syaraf Terpadu,” ucap Hanifah Dwi Nirwana, Sabtu (3/9/2022).

BACA : Sesuaikan UU Cipta Kerja, Pansus I Bahas Revisi Perda Perizinan Bersama Dinas PMPTSP

Pihak ANC Japan menyambut dengan sangat baik terhadap pemaparan yang telah disampaikan dan menyatakan ketertarikan dan minat.

Selanjutnya informasi yang disampaikan memberikan gambaran penting untuk selanjutnya akan dipelajari dan dilakukan pendalaman potensi investasi dari Kalsel.

“Mereka sangat tertarik dengan posisi strategis Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara, dan segera pasca kedatangan delegasi Kalsel ke Jepang ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya di Indonesia,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.