Zackly Aswan, Mujiyat dan Syamsir Rahman Diisukan Bakal Jadi Pj Bupati HSU, Batola dan Tanah Laut

0

DAFTAR gubernur, walikota dan bupati yang habis masa jabatannya pada 2023 beredar. Tercatat, ada 17 gubernur, 38 walikota dan 115 bupati yang habis masa jabatannya baik di tahun 2022 hingga 2024, jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2024 nanti.

KHUSUS di Kalimantan Selatan, paling terdekat yang habis masa jabatannya adalah Plt Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi berakhir pada 9 Oktober 2022 nanti. Sementara, periode jabatan Bupati-Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS-Rahmadian Noor efektif berakhir pada 4 November 2022 mendatang.

Sedangkan, ada tiga duet kepala daerah di Kalsel yang berakhir pada 2023. Yakni, Bupati Tanah Laut H Sukamta dan Wabup Abdi Rahman pada 19 September 2023. Masa jabatan yang sudah lima tahun akan berakhir juga beriringan dengan; Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dan Wabup Syamsuri Arsyad dan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Wabup H Syafrudin Noor pada tanggal yang sama; 19 September 2023 nanti.

BACA : Masa Jabatan 2 Bupati Berakhir pada 2022, DPRD : Kewenangan Gubernur dan Mendagri!

Terlama adalah pasangan Bupati-Wakil Bupati Tabalong Anang Syakhfiani-Mawardi yang akan mengakhiri masa pengabdiannya pada 17 Maret 2024 mendatang. Menariknya, saat ini Pemprov Kalsel dikabarkan tengah menyiapkan nama sejumlah pejabat yang akan mengisi sebagai penjabat bupati, khususnya di dua daerah yang terdekat masa periodisasi bakal berakhir.

Informasi dihimpun jejakrekam.com dari seorang pejabat Pemprov Kalsel menyebut nama Zackly Aswan sebagai kandidat yang akan mengisi orang nomor satu di Pemkab HSU.

BACA JUGA : Makna Istilah Jabatan Pemerintahan Plt, Pjs, Pj dan Plh

Saat ini, Zackly Aswan yang menjabat Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel ditugaskan gubernur menjabat Penjabat Sekda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terhitung sejak 1 Juni 2022 lalu.

Langkah Zackly Aswan ini seperti meniru jejak almarhum Gusti Hidayat sebagai Penjabat Bupati Tanah Bumbu pada 2010. Usai Zairullah mengakhiri masa jabatan pertama pada 20 September 2010 silam.

BACA JUGA : Masa Jabatan 2 Bupati Berakhir pada 2022, DPRD : Kewenangan Gubernur dan Mendagri!

Sementara, nama Mujiyat yang kini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel. Sebelumnya, Mujiyat sempat menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel ini diisukan akan ditugaskan sebagai Penjabat Bupati Batola periode 2022-2024.

BACA JUGA : Diisi Penjabat Bupati Dua Tahun, Ada 4 Kepala Daerah di Kalsel Berakhir pada 2023 dan 2024

Menariknya, dari pembicaraan di tingkat elite Pemprov Kalsel, nama Syamsir Rahman menguat sebagai Pj Bupati Tanah Laut. Syamsir Rahman saat ini menjabat Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTH) Provinsi Kalsel sekaligus merangkap jabatan Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalsel.

Sebelumnya, Plt Bupati HSU Husairi Abdi mengakui masa jabatannya usai melanjutkan tongkat kepemimpinan dari Abdul Wahid akan berakhir pada awal Oktober 2022 ini.

BACA JUGA : Ada 6 Bupati-Wabup di Kalsel Berakhir 2023, Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024

“Saya hanya menyelesaikan tugas-tugas dari bupati sebelumnya. Ya, seperti untuk mengisi jabatan yang masih diisi pelaksana tugas di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Termasuk, menuntaskan visi-misi kepala daerah saat kami memenangi Pilkada HSU 2017 silam,” kata Husairi Abdi kepada jejakrekam.com, beberapa waktu lalu.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/08/29/zackly-aswan-mujiyat-dan-syamsir-rahman-diisukan-bakal-jadi-pj-bupati-hsu-batola-dan-tanah-laut/,Calon pj bupati hsu 2022
Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.