Menuju Akreditasi Pelayanan Prima Labkesda Kalsel Berbenah.

0

LABORATORIUM Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap bertransformasi untuk peningkatan akreditasi, agar Labkesda Kalsel dapat menyandang predikat akreditasi pelayanan prima.

KEPALA Labkesda Kalsel Riko Ijami mengatakan, dalam persiapan akreditasi itu maka Labkesda Kalsel akan menambah beberapa paramater. “Paramaeter tersebut ada yang masa berlakunya sudah habis, dan harus diupdate lagi,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (20/8/2022).

BACA: Agar Laporan Keuangan Akuntabel, Labkesda Kalsel Ikuti Workshop Pola Keuangan BLUD

“Akreditasi assesment dilakukan oleh tim akreditasi Kementerian Kesehatan RI. Persiapannya, kita harus memenuhi kelengkapan sesuai temuan audit beberapa waktu lalu dari tim akreditasi, baik yang berkaitan dengan administrasi sampai masalah teknis,” bebernya.

Riko menjelaskan, yang berkaitan dengan administrasi seperti pelaporan dan pencatatan, dan menyediakan sumber daya manusia yang sudah berkompoten. Sedangkan yang berkaitan dengan teknis, yaitu menginventarisir alat-alat yang rusak.

“Berkaitan dengan alat-alat yang rusak, kita harus berupaya keras untuk memperbaikinya. Tentu nantinya akan kita usulkan dalam anggaran perubahan, sebab alat ini bagian dari akreditasi, kalau misal alat-alat ini tidak bisa dipenuhi makan akan gagal,” katanya.

“Disamping itu juga alat-alat ini menjadi bahan atau modal kami untuk meningkatkan PAD. Saat ini ada yang rusak dan belum tersedia, dan sebagai bakcup menambah frekuensi pemeriksaan. Semakin meningkat pemeriksaan, maka alat harus ditambah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kebutuhan Listrik Makin Besar, Labkesda Kalsel MoU Dengan PT PLN

“Labkesda Kalsel ini sudah terakreditasi, tapi kita harus menuju akreditasi pelayanan prima. Namun masih ada yang belum terpenuhi, misal ruangan analisis dan administasi harus terpisah, validasi dari alat-alat memang harus akurat. Sehingga itu harus dilengkapi,” ujarnya.

“Menjadi poin penting yang dilakukan pihak Kemenkes RI nanti terhadap labkes, seperti pendataan, dokumentasi, sarana, serta pelayanan, dan itu segera kita realisasikan secepatnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.