Guna Dapat Mengembangkan Inovasi, Pemkab Tabalong Berikan Bimtek Untuk Para Inovator

0

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Tabalong berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada seluruh jajaran SKPD yang ada di Kabupaten Tabalong.

BIMTEK ini dalam rangka memantapkan inovasi daerah menuju Tabalong terinovatif yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tabalong yang bertempat di Gedung Pusat Informasi, Tanjung, Senin (4/7/2022).

Plh Sekretaris Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong, Marpie mengatakan Bimtek ini untuk pemantapan inovasi daerah bagi para inovator yang ada di semua SKPD jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Tujuan dilaksanakan bimtek ini pemantapan inovasi daerah untuk para inovator adalah memacu dan memotivasi para inovator untuk terus mengembangkan inovasi,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya juga untuk mendorong tumbuhnya kesadaran ASN maupun masyarakat umum untuk berbudaya inovatif dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama berkaitan dengan peningkatan kinerja pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Bimtek ini sendiri ungkapnya diikuti oleh 119 inovator dari berbagai SKPD jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong

Sementara, Bupati Tabalong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Yuhani menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama, Kabupaten Tabalong sudah meraih beragam prestasi terkait dengan inovasi, hingga diraihnya penghargaan sebagai Kabupaten terinovatif dalam ajang Innovative Goverment Award {IGA) tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri.

“Sebenarnya kita punya banyak orang-orang kreatif, namun terkadang karena tidak percaya diri dan kurangnya data membuat inovator-inovator tabalong ini tidak maksimal dalam berinovasi,” ujarnya.

Oleh karenanya Kabupaten Tabalong memiliki banyak inovasi yang mampu menyelesaikan beberapa permasalahan publik.

Namun, saat ini inovasi tersebut diikutkan dalam sebuah kompetesi kebanyakan kendala yang dihadapi adalah penyajian informasi yang tidak fokus dalam menguraikan inovasi.

Kegiatan pemantapan teknis inovasi daerah untuk para inovator menuju Tabalong terinovatif ini tentunya bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan bagi inovator-inovator dari perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam memahami teknis pengisian indikator-indikator inovasi.

Bupati Tabalong beber Yuhani meminta agar semua SKPD menjadikan inovasi sebagai kebutuhan, tidak sekedar diperlukan.

“Saya tekankan lagi tanpa adanya inovasi di era sekarang akan membuat semua tergilas dan tertinggal, baik itu penyelenggaraan pemerintah, kemasyarakatan dan pembangunan ini, turut serta membantu visi dan misi Kabupaten Tabalong dalam mewujudkan masyarakat yang Lebih Agamis, Sejahtera dan Mandiri,” tutupnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:bimtek inovasi daerah tabalong
Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.