Basarnas Banjarmasin Siagakan Personel Rescue Jaga Objek Wisata di Kalsel

0

STATUS siaga SAR khusus angkutan Lebaran Idul Fitri 2022 akan berakhir pada Kamis (12/5/2022) nanti. Beberapa pos pantau lebaran yang diisi personel Basarnas Banjarmasin akan segera kembali ke markas.

PENEGASAN ini dilontarkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin, Al Amrad dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

“Personel rescue yang diturunkan Basarnas Banjarmasin tetap disiagakan di beberapa titik strategis untuk mengantisipasi response time, apabila terjadi kejadian emergensi atau kedaruratan,” ucap Al Amrad.

Saat ini, beberapa petugas Basarnas Banjarmasin disebar di beberapa posko terpadu seperti Pelabuhan Bandarmasih Trisakti Banjarmasin, Bandara Internasional Syamsudin Noor, objek wisata dan beberapa posko lainnya.

BACA : Cukup Bayar Rp 15 Ribu, Bisa Naik Jukung, Objek Wisata Sungai Biuku Didorong Raih Sertifikat CHSE

“Kehadiran personel rescue guna memberi jaminan pelayanan keselamatan mudik lebaran dan wisata tahun ini. Kami juga menerjunkan tim di Pos Pencarian dan Pertolongan Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong dan Batulicin,” papar Al Amrad.

Belajar dari kasus kecelakaan kerja yang terjadi perairan Tabanio, Kalimantan Selatan, Al Amrad mengingatkan agar masyarakat tetap mengutamakan keselamatan berkendara atau keselamatan saat berwisata.

“Kami juga siagakan personel rescue di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung. Baik wisata sungai, danau, pantai, pegunungan dan lainnya,” katanya.

BACA JUGA : Gagas Objek Wisata Pantai Mangkiling, Cara Pemuda Pegunungan Meratus Lawan Eksploitasi Hutan

Menurut Al Amrad, adanya insiden kecelakaan atau kejadian hampir disebabkan ketidakpahamanan terhadap keselamatan diri dan anggota keluarga. “Kami berkoordinasi dengan pengelola objek wisata untuk memberi peringatan atau imbauan terhadap para pengunjung atau wisatawan. Utamanya soal risiko keselamatan,” ungkap Al Amrad.

BACA JUGA : Kuin Kacil hingga Mantuil Dirancang Jadi Kawasan Objek Wisata

Selain memperhatikan protokol Kesehatan (prokes) Covid-19, Al Amrad mengatakan kebugaran fisik dan mental sangat dibutuhkan bagi para pengunjung atau wisatawan yang memanfaatkan libur panjang lebaran.

“Untuk layanan emergency call diaktifkan khususnya untuk keadaaan darurat yang membutuhkan jasa SAR. Silakan kontak di nomor  115 (bebas pulsa) dan +628115015115,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.