Manfaatkan Libur Mondok, Santri Ponpes Dalam Pagar Ikuti Program Dakwah ke Pegunungan Meratus

0

DIBEKALI ilmu agama, sebanyak 7 santi Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar Kandangan yang tergabung dalam Ashab Ikatan Santri Kandangan (Iskan) menghelat safari Ramadhan.

PARA santri ini pun diterjunkan untuk mendidik warga yang bermukim di kaki Pegunungan Meratus. Seperti di Masjid Nurul Ihsan, Desa Lokbahan, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Tujuh santri yang mengikuti program safari Ramadhan ini adalah Muhammad Zaini, Muhammad Ihsani, Muhammad Afifuddin, Muhammad Taufik Hidayat, Riduan, Syahri serta Muhammad Zaini.

Mereka ditugaskan Ponpes Dalam Pagar Kandangan untuk menjadi penceramah, guru mengaji, imam shalat di langgar, mushala atau masjid di desa itu.

BACA : Ketat Terapkan Prokes Covid-19, Ponpes Dalam Pagar Kandangan Raih Penghargaan Kemenkes

“Safari Ramadhan yang kami jalani berlangsung selama tiga hari dua malam. Kegiatan ini memang rutin dilaksanakan tiap tahun saat memasuki bulan puasa, apalagi bertepatan dengan masa libur mondok,” ucap Duta Santri Ponpes Dalam Pagar Kandangan Muhammad Zaini kepada awak media, Jumat (22/4/2022).

Tak hanya jadi penceramah atau dai, iman shalat liam waktu dan tarawih, para santri juga melaksanakan kerja bakti seperti bersih-bersih masjid, mushala atau langgar.

BACA JUGA : Jadi Pusat Dakwah di Loksado, Pembangunan Masjid Al Ettihad Masih Butuh Donasi

Menurut Zaini, selain itu dengan model praktik lapangan ini bisa mempraktikkan ilmu agama yang didapat selama mondok di Ponpes Dalam Pagar untuk masyarakat. Seperti kajian ilmu fikih, baca tulis Alquran, pembacaan maulid, zikir, tahlil hingga public speaking. Termasuk, pembacaan riwayah orang-orang saleh (manaqib) dan doa-doa.

“Kami juga menjadikan praktik ke desa ini untuk latihan dakwah, sehingga bisa menjadi ladang amal dan silaturahmi dengan masyarakat,” tutur Zaini.(jejakrekam)

Pencarian populer:pesantren dalam pagar kandangan
Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.