Hanya Cair Sebulan, TPP Ribuan ASN Pemkot Banjarmasin Terpaksa Diangsur

0

JELANG bulan Ramadhan 1443 Hijriyah/2022, kebutuhan meningkat ternyata ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Banjarmasin terpaksa harus mengurut dada. Harapan untuk dapat pencairan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) ternyata tak sesuai ekspektasi.

SOALNYA, tunjangan penghasilan pegawai (TPP) sebagai tambahan di luar gaji ternyata hanya dibayar sebulan. Padahal, semestinya dua bulan. Padahal, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Bina Keuangan Daerah telah mengeluarkan perstujuan pembayaran TPP bagi ASN di daerah yang masuk ke rekening sang abdi negara.

Surat persetujuan itu telah diterbitkan pada Selasa (8/3/2022) lalu dan diunggah dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Ini artinya, pembayaran TPP atau sering disebut juga Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bulan Desember 2021, Januari dan Februari 2022 sudah bisa dicairkan. Berarti, PNS menerima TPP tiga bulan sekaligus.

Ternyata, para PNS harap-harap cemas menanti pencairan TPP sebab hingga pertengahan Maret 2022, TPP justru belum cair. Bahkan, hanya cair sebulan seperti yang dialami ribuan ASN di lingkungan Pemkot Banjarmasin.

BACA : TPP ASN Pemkot Banjarmasin Telat Bayar, Sekda Ikhsan Budiman : Daerah Lain Juga Begitu!

“Hanya dibayar sebulan saja. Rencananya hari ini cair. Sisanya bulan depan, kabarnya anggaran kurang sejuta,” ucap seorang ASN Pemkot Banjarmasin berbisik kepada jejakrekam.com, Kamis (31/3/2022). Dia menduga tidak ada persiapan, padahal rekomendasi dari Kemendagri itu sudah keluar sejak dua pekan lalu.

Dikonfirmasi jejakrekam.com terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bajarmasin Ikhsan Budiman mengakui jika pencairan TPP sudah mendapat persetujuan dari Kemendagri. “Dengan adanya persetujuan dari pusat itu, maka masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tengah melengkapi berkas yang disyaratkan,” kata Ikhsan Budiman.

BACA JUGA : Tanpa Tunjangan Kinerja, THR ASN Pemkot Banjarmasin Dicairkan Hari Ini

Mantan pejabat Pemkab Tanah Bumbu itu mengakui pembayaran TPP hanya sebulan yang seharusnya dibayar rapel dua bulan. Hal itu terjadi, menurut Ikhsan, karena pengajuan surat perintah pembayaran-ganti uang (SPP-GU) tidak mencukupi.

“Jadi dibayar secara bertahap atau diangsur nanti. Namun, hal itu urusan teknis itu yang menjadi domain bendahara di Pemkot Banjarmasin,” imbuh Ikhsan.

BACA JUGA : Ada 5.750 ASN di Pemkot Banjarmasin, Mukhyar Akui Banyak SKPD Kekurangan PNS

Untuk diketahui, berdasar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Banjarmasin tahun 2021 ke DPRD Banjarmasin, jumlah ASN yang bekerja di SKPD pemerintah kota mencapai 4.969 orang. Pada Selasa (29/3/2022), Walikota Ibnu Sina pun melantik 121 CPNS di lingkungan Pemkot Banjarmasin. Mereka pun bersiap-siap untuk menjadi ASN, saat nanti didefinitifkan oleh pemerintah kota.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/03/31/hanya-cair-sebulan-tpp-ribuan-asn-pemkot-banjarmasin-terpaksa-diangsur/,TPP Banjarmasin
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.